Untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman tentang UAMBN bagi pihak-pihak terkait, telah disusun suatu pedoman yang memuat prinsip-prinsip umum penyelenggaraannya yang disebut POS UAMBN 2018/2019 sebagaimana diterbitkan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6552 yang diteken tanggal 23 November 2018.

Prosedur Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (POS UAMBN) Tahun Pelajaran 2018-2019 ini merupakan pedoman bagi pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan UAMBN di madrasah yang bertujuan untuk mewujudkan pemetaan dan mengendalikan mutu basil pendidikan pada madrasah, melalui penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Dengan ditetapkannya Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 ini diharapkan akan terjaminnya kelancaran pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan baik, efektif dan efisien.

Pelaksanaan UAMBN Tahun 2019 mendatang tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya yakni terdiri dari dua bentuk pelaksanaan ujian ada UAMBN-KP yaitu Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Kertas dan Pensil dan UAMBN-BK yaitu Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer. UAMBN-KP adalah ujian yang menggunakan naskah soal dan lembar jawaban berbasis kertas dan menggunakan pensil. Sedangkan UAMBN-BK adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya. Penerapan UAMBN-BK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian.

Download POS UAMBN Tahun Pelajaran 2018/2019

Selengkapnya berikut adalah POS UAMBN Tahun Pelajaran 2018/2019 dan presentasi penjelasan petinjuk teknis UAMBN-BK yang dapat anda unduh melalui tautan berikut ini;

POS UAMBN Tahun Pelajaran 2018/2019

Sedangkan SK Ditjen Pendis Nomor 6312 Tahun 2018 tentang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 anda dapat unduh disini.

Demikian informasi tentang POS UAMBN Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat bagi pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan UAMBN di madrasah. Agar proses penyelenggaraan UAMBN Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.