Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pun telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019. Adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1697 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2019 yang diteken pada 25 Maret 2019. Keputusan yang memiliki tiga lampiran ini memuat tentang panduan teknis bagi para pemangku kepentingan terkait dengan pelaksanaan KSM tahun 2019.

Sebagaimana diketahui bahwa KSM atau Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Diharapkan kompetisi ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains sehingga menjadi manusia yang mencintai bidang keilmuan dan mampu berkompetisi di tingkat internasional.

Bidang dan Waktu KSM 2019

Adapun bidang yang dilombakan masih sama dengan KSM tahun sebelumnya, yaitu Matematika terintegrasi dan Sains IPA terinstegrasi untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Matematika terinstegrasi, IPA Terpadu terintegrasi, dan IPS Terpadu terintegrasi bagi jenjang Madrasah Tsanawiyah. Serta Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi bagi jenjang Madrasah Aliyah.

Berdasarkan juknis KSM 2019 akan diselenggarakan secara berjenjang dengan waktu sebagai berikut:

  • KSM Satuan Pendidikan dilaksanakan pada April – Mei 2019
  • KSM Kabupaten/Kota dilaksanakan pada 13 Juli 2019
  • KSM Provinsi dilaksanakan pada 3 Agustus 2019
  • KSM Nasional dilaksanakan pada 9 – 13 September 2019

Persyaratan Peserta KSM 2019

Diantara persyaratan peserta yang harus dipenuhi bagi yang ikut ajang Kompetisi Sains Madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Peserta yang terdaftar secara resmi di madrasah/sekolah dan berkewarganegaraan Indonesia dengan bukti surat keterangan kepala madrasah/sekolah dan kartu pelajar serta memiliki raport terakhir pada jenjang yang diampu.
  2. Siswa MI/SD berada pada kelas 4, 5, untuk MTs/SMP kelas 7, 8, sedangkan tingkat MA/SMA kelas 10, 11 T.P 2017/2018.
  3. Memenuhi syarat minimal pengetahuan dalam bentuk nilai untuk bidang sains yang dipilih.
  4. Mendapat izin dan persetujuan dari orang tua/wali siswa.
  5. Dll

Download Juknis KSM 2019

Bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih lengkap terkait petunjuk teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019, silahkan unduh pada tautan berikut ini:

Juknis KSM 2019 (Kompetisi Sains Madrasah) Pdf

Demikian Petunjuk Teknis KSM 2019 yang dapat kami bagikan. Terima kasih atas kunjungan Anda dan bila artikel ini bermanfaat silahkan dishare. (@ruslanwahid)