Inmas – Rabu, 18 Agustus 2021 MTs.N 2 Mataram dibuka kembali untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sesuai dengan edaran Walikota Mataram. Kegiatan ini mendapatkan perhatian yangbesar dari Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H. Muhammad Amin. Beliau secara langsung datang memantau hari pertama pelaksanaan PTM terbatas. Dalam kunjungannya kali ini beliau ingin memastikan kesiapan dan kesungguhan MTs.N 2 Mataram dalam rangka melaksanakan pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan penerapan prokes secara ketat.

Dalam diskusinya dengan bapak Kepala Madrasah beliau menyampaikan agar segenap komponen madrasah harus bekerjasama secara aktif untuk menyukseskan keberlangsungan PTM Terbatas di MTs.N 2 Mataram. Ketersediaan sarana pendukung terutama ketersediaan fasilitas sesuai standar protokol kesehatan harus menjadi fokus utama, pengaturan shif untuk peserta didik diprioritaskan agar tidak mengakibatkan kerumunan, memastikan sirkulasi udara di ruang belajar terjamin serta kepastian jumlah peserta di ruang belajar tidak boleh lebih dari 18 siswa/i.

Sumber Hadi selaku Kepala Madrasah menyampaikan persiapan sungguh-sungguh MTs.N 2 Mataram dalam menyambut Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Di antara persiapan yang dilakukan civitas MTs.N 2 Mataram menurut beliau adalah penyediaan secara lengkap fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi warga madrasah, seperti pengecekan suhu tubuh peserta didik menggunakan thermogun ketika tiba di madrasah, mengatur jarak kehadiran peserta didik ketika menuju ruang kelas, mewajibkan peserta didik duduk di tempatnya masing-masing hingga waktu pembelajaran berakhir, tidak memperkenankan peserta didik untuk berkerumun di ruang kelas maupun di luar kelas, melarang siswa untuk saling meminjam peralatan belajar, menjamin  ketersediaan handsanitizer, menyediakan tempat mencuci tangan dengan air mengalir, memastikan jumlah siswa/i di ruang belajar sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah sebanyak 18 siswa, mengupayakan sirkulasi udara di ruang belajar dengan membuka setiap jendela yang ada, memastikan jarak peserta didik dengan jarak 1,5 meter, hingga pada upaya penertiban peserta didik pada saat meningalkan madrasah dengan tidak memperkenankan peserta didik mampir atau membuat kerumunan di jalan sehingga madrasah mewajibkan orang tua wali untuk menjemput peserta didik di madrasah.

Untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan fasilitas penunjang proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Sumber Hadi mengajak bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram berkeliling meninjau ruang belajar dan segenap fasilitas yang telah tersedia di    MTs.N 2 Mataram.

Di akhir kunjungannya bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram menyampaikan agar kerjasama team harus terus menerus dilaksanakan sebagai wujud kesamaan visi kelembagaan untuk menyukseskan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di MTs.N 2 Mataram dengan zero kasus terpapar.

Sumber Hadi menyampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram dan menjamin keberlangsungan PTM terbatas secara maksimal dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat di MTs.N 2 Mataram. Kunjungan ini merupakan ikhtiar sungguh-sungguh segenap komponen pendidikan (stake holder) untuk mengupayakan keberlangsungan pendidikan di Madrasah.

Team Humas MTs.N 2 Mataram