Mts.N2Mataram_Inmas –  Menjadi sebuah rutinitas dunia pendidikan ketika memasuki Tahun Pelajaran Baru  maka peserta didik baru akan menjalani pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang disingkat Matsama.

Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru.  Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah. Matsama diikuti oleh 220 siswa-siswi baru, dipandu oleh Bapak dan Ibu guru sebagai penyelenggara.

Matsama pada tahun pelajaran 2021-2022 ini masih dengan pola yang sama dengan tahun sebelumnya yakni matsama tahun pelajaran 2020/2021 dengan mode virtual  karena kondisi Kota Mataram khususnya  masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 (zona merah) sehingga pola pelaksanaan matsama pun harus mengalami beberapa penyesuaian sesuai dengan standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah.

Matsama Tahun Pelajaran 2021/2022 ini dimulai hari ini, Senin, 12 s.d. 14 Juli 2021 setelah dibuka secara resmi melalui virtual oleh  Kepala MTs.N 2 Mataram Bapak Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag. Dalam sambutan virtualnya beliau menyampaikan “kondisi yang sedang menimpa dunia pendidikan hari ini. Wabah covid-19 yang masih melanda seakan memberi pesan bahwa kreativitas dan inovasi kita sebagai makhluk berakal  tidak boleh terhenti dalam situasi dan kondisi apapun. Pendidikan harus terus menerus terselenggara, karena pendidikan merupakan elemen pundamental sebuah peradaban. Maju mundurnya peradaban  tergantung pada bagaimana pendidikan generasinya. Untuk itu semangat terus belajar guna mengembangkan segenap potensi terbaik yang dimiliki manusia harus terus menerus terselenggara demi mewujudkan generasi hebat bermartabat. Sebagai contoh bahwa pelaksanaan matsama hari ini merupakan ikhtiar sungguh-sungguh madrasah untuk terus menerus melaksanakan fungsi kelembagaannya dalam rangka mendidik generasi madrasah sebagai pejuang peradaban yang tangguh, pantang menyerah pada keadaan”.

Pada akhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara matsama yang telah mempersiapkan kegiatan ini secara maksimal. Selain itu dan beliau menyampaikan selamat bergabung sebagai civitas MTs.N 2 Mataram kepada peserta matsama dengan harapan agar segenap peserta mengikuti rangkaian kegiatan matsama ini dengan sungguh -sungguh dan bertanggung jawab.

Kegiatan pembukaan Matsama pagi  ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kendala. Berharap beberapa hari ke depan kegiatan matsama berjalan sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan patia penyelenggara, dan tentu bejalan selaras dengan capaian tujuan pelaksanaan matsama di MTs.N 2 Mataram.

Humas MTs.N 2 Mataram.