Mataram – Kamis, 2 September 2021 MTs.N 2 Mataram menggelar simulasi Asesmen Nasional (AN) sesuai jadwal yang telah ditetapkan bagi siswa/i SMP/MTs. AN merupakan singkatan dari Asesemen Nasional yang merupakan tes yang menjadi pengganti Ujian Nasional (UN). 

Asesmen Nasional merupakan sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional hari ini berlangsung sebagaimana proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.  Terdiri dari 3 sessi dengan waktu setiap sesi 90 menit. Simulasi diwakili 50 peserta dari siswa/i madrasah dimulai pada jam 08.00 dan berakhir pada jam 10.30. WITA. Adapun jenis soal pada simulasi AKM ini terdiri dari soal pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

Adapun siswa/i MTs.N 2 Mataram yang mengikuti Sumulasi AN-BK hari ini adalah siswa/i kelas 8 sebanyak 50 orang yang di disebar  ke dalam 2 ruang ujian dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, mengingat hari ini masih pada masa Tatap Muka (PTM) Terbatas di Madrasah/Sekolah sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebara Covid-19.

Dalam pembekalannya kepada para peserta simulasi Bapak Kepala Madrasah Sumber Hadi didampingi wakil kepala urusan Kurikulum Faizin. Bapak Kepala Madrasah mengatakan kepada para peserta “silahkan ikuti kegiatan Simulasu ANBK ini secara sungguh-sungguh karena simulasi adalah sebuah metode pelatihan yang memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau sebuah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan.”

Jadi simulasi adalah gambaran sesungguhnya dari segenap atribut dan konten pelaksanaan AN-BK di waktu yang akan datang. Proses ini harus dijadikan pengalaman berarti sebagai pelajaran bagi kita bersama dalam persiapan menyambut AN-BK sesungguhnya. Momentum simulsi ini adalah pelajaran yang harus berimplikasi pada persiapan hasil yang lebih baik. Tidak ada pengalaman yang tidak berarti, semua peristiwa memiliki makna untuk proses perbaikan kualitas kita. Untuk itu gunakan potensi terbaikmu jika ingin terus bertumbuh dengan kualitas lebih baik, karena sesungguhnya pengalaman adalah guru terbaik ungkapnya.

Sedangkan Faizin selaku wakil kepala Urusan Kurikulum menghimbau kepada para peserta ANBK untuk “tetap fokus guna perolehan pengalaman berarti untuk persiapan perolehan terbaik pada real ANBK yang akan datang. Hasil Asesmen Nasional (AN) ke depan telah dimulai hari ini. Silahkan diperhatikan secara seksama bagaimana cara kerja perangkat komputernya, belajar cara berpikir cermat, analisis materi dengan baik serta tentukan pilihan dengan tepat mulai saat ini.”

Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (AN-BK) hari ini berjalan sebagaimana harapan dengan tidak terdapat kendala yang berarti. Semoga siswa/i MTs. N 2 Mataram dapat menjadikan pengalaman  pada simulasi hari ini untuk dijadikan pengalaman yang berarti untuk kesuksesan pelaksanaan real AN-BK di waktu mendatang.

Tim Humas MTs. N 2 Mataram