mtsn2mataram- MTsN 2 Mataram resmi menyelenggarakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun 2018/2019 selama 3 (tiga) hari kedepan dari tanggal 16 hingga 18 Juli 2018. Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang sebelumnya orang menyebutnya Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan kegiatan untuk mempersiapkan peserta didik untuk siap belajar di madrasah yang kini mereka akan tempati. Kegiatan ini dilaksanakan di minggu pertama awal tahun ajaran 2017/2018 dan dilaksanakan pada hari sekolah serta jam pelajaran.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bukan lagi kegiatan perpeloncoan siswa senior kepada siswa junior, namun kegiatan ini berisi dengan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan sehingga peserta didik baru akan benar-benar siap dan merasa nyaman dan aman di madrasah tempat mereka belajara nanti.

Sebagaimana diungkapkan, Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, Matsama adalah masa atau waktu yang disediakan oleh Madrasah Penerima Peserta Didik Baru untuk memfasilitasi Peserta Didik Baru untuk saling mengenal antar peserta didik baru, lingkungan madrasah baru, guru dan hal lain yang terkait dengan Madrasah.

“Kita gelar matsama untuk lebih mengenalkan lingkungan MTsN 2 Mataram kepada para siswa, karena mereka banyak berasal dari SD dan MI dalam wilayah Kota Mataram maupun luar Kota. Makanya kita buat mereka satu kesatuan,” kata H. Marzuki.

Menurutnya, Matsama ini menjadi nilai penting bagi anggota baru atau siswa baru dimana siswa baru ini harus ditumbuhkan rasa memiliki, rasa cinta terhadap lingkungan dan utama bisa membentuk pribadi yang santun dan shaleh.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini, anak-anak lebih cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan MTsN 2 Mataram sehingga tidak canggung untuk beraktivitas ketika memulai tahuan ajaran baru. (Lan)

 

Tags: , , , ,