mtsn2mataram- Jum’at pagi (26/10/2018) ada yang berbeda dalam pelaksanaan imtaq, MTsN 2 Mataram menerima rombongan safari imtaq SMK Pertanian Pembangunan (SMKPP) Negeri Mataram berjumlah 20 orang siswa siswi dan 2 orang pendamping. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Madrasah diikuti oleh seluruh siswa, dewan guru, staf karyawan dan mahasiswa PPL Universitas Mataram dan UIN Mataram.

Kegiatan diawali dengan membaca Al-quran Juz Amma secara bersama-sama, Sholat Dhuha, membaca Asma’ul Husna, doa, dan dilanjutkan dengan penampilan pidato 3 (tiga) bahasa, secara berturut-turut bahasa Inggris disampaikan oleh Lailatul Hikmah, bahasa Arab oleh Ahmad Radini dan bahasa Indonesia oleh Khairunnisa. serta penyajian hadrah oleh Siswa SMKPP Negeri Mataram pada akhir acara. Selain menampilkan pidato 3 bahasa siswa siswa SMK PP Negeri Mataram di bawah bimbingan Hj. Ida Kurniawati, S.Ag sebagai pembina imtaqnya juga menampilkan Hadrah yang sangat menyentuh dan memukau seluruh peserta imtaq yang hadir di MTsN 2 Mataram.

Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd pada awal sambutannya mengungkapkan bahwa dengan rahmat Allah SWT hari yang berkah ini kita dapat bersilaturrahmi dengan SMKPP Negeri Mataram dalam rangka safari imtaq, mudah-mudahan silaturrahmi ini tetap berlanjut dan mudahan juga program safari imtaq kita bangkitkan kembali karna ada permintaan, tantangan dari anggota KKM yang ada di bawah naungan MTsN 2 Mataram.

Ia menambahkan dengan apa yang telah diberikan dan ditampilkan oleh Siswa SMK PP Mataram tadi bisa menjadi model atau pembelajaran bagi anak-anak kami di MTsN 2 Mataram untuk bisa meningkatkan mutu dan kualitas kegiatan imtaq.

Sementara sambutan dari rombongan safari imtaq SMK PP Mataram yang diwakili oleh Hj. Ida Kurniawati, S.Ag menyampaikan bahwa ada 5 (lima) tips untuk menghafal pelajaran sesuai apa yang disabdakan Rasulullah SAW. pertama صلاة الليل ولو ركعتين yaitu sholat malam walau dua rakaat, kedua دوام الوضوء memelihara wudhu artinya sebelum belajar apalagi pelajaran agama sebaiknya berwudhu dulu, yang ketiga التقوى فى السر والعلانية yaitu taqwa di tempat tersembunyi maupun terang-terangan.

“Yang keempat أن يأكل التقوى ليس للهوى artinya makan itu semata-mata untuk taqwa bukan untuk hawa nafsu, kemudian yang terakhir adalah السواك artinya menjaga kebersihan mulut dengan cara bersiwak, sama halnya ketika kita akan melakukan sholat sangat dianjurkan untuk bersiwak kalau tidak itu akan membatalkan sholat begitu juga dengan dalam belajar penting menjaga kebersihan badan”, ungkap Hj. Ida sapaan guru PAI SMK PP Negeri Mataram. (ruslan)