Mataram – MTsN 2 Mataram menggelar puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. 1444 Hijriah dengan beragam acara, dari pengajian, penyerahan hadiah, dan berbagi makanan gratis. Jum’at, 7 Oktober 2022.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengangkat tema “Ikhtiar Mulia Untuk Menguatkan Komitmen Keberagamaan dan Kebangsaan”. Acara yang dilangsungkan di musholla ini, dihadiri oleh seluruh warga MTsN 2 Mataram. Acara dibuka dengan lantunan kalam Ilahi dan sholawat yang menambah khidmat acara maulid kali ini.

Setelah pembacaan kalam Ilahi dan sholawat acara dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala MTsN 2 Mataram,  Bapak Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag.

Kepala madrasah menuturkan, “di zaman modernisasi, globalisasi di mana pengaruh dunia luar yang terkadang jauh dari nilai-nilai keagamaan, di mana kita sebagai orang beriman harus tetap eksis, komit dalam menjalankan nilai-nilai keberagamaan dan kebangsaan di Indonesia. Di mana pada saat ini arus dari luar begitu kuat namun kita sebagai orang yang beriman harus tetap kuat melawan itu semua. Ingat, bangsa ini lahir dari tokoh-tokoh mayoritas muslim sehingga kita sebagai anak muda tinggal meneruskannya saja” ungkapnya.

Setelah sambutan Bapak Kepala Madrsah,  Prof. Dr. H. Jamalludin, MA. (Guru Besar UIN Mataram) memulai uraian hikmah perayaan Maulid Nabi Muhammad saw.

Prof Jamalludin menyampaikan secara singkat bagaimana cara kita menyikapi atau menjalani hidup dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW sehingga kita bisa sukses dunia dan akhirat. Setelah itu, acara ditutup dengan do’a oleh pembina imtaq, H. Tamiin S.Ag.

Setelah ditutupnya acara, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba dan pemberian hadiah. Adapun mata lomba yang diadakan yakni, pembacaan puisi, tahfidz, dan story telling. Kegiatan lomba diadakan Kamis, 6 Oktober 2022 atau sehari sebelum puncak acara. Selain itu juga, dalam waktu yang bersamaan dengan lokasi yang berbeda, rekan-rekan guru melaksanakan kegiatan berbagi makanan gratis. Pendistribusian dilangsungkan dibeberapa titik, dari panti asuha, pondok pesantren, dan warga sekitar madrasah. Adapun makanan yang disalurkan tersebut, dari hasil pengumpulan siswa-siswi yang berniat menyumbangkan makanan. Semoga ini menjadi langkah atau contoh yang baik untuk kita agar selalu berbagi.

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad 1444 H. Semoga akhlak mulia Rasulullah senantiasa menjadi pedoman umat manusia dalam menyalurkan energi baik ke sesama.

Yaumul (Tim Humas MTs.N 2 Mataram)