Mataram – Warga MTsN 2 Mataram melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2022 dengan suka cita. Jum’at, 25 November 2022.

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) bertujuan untuk menghormati peran dan jasa-jasa guru di Indonesia. Guru sebagai pendidik menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia. Sosok guru kerap disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Karena lewat tangan mereka, tidak hanya sebatas ilmu yang diberikan untuk mencerdaskan bangsa, dalam didikannya para guru menambahkan nilai-nilai moral kepada muridnya untuk menjadi bekal di masa depan.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022, warga MTsN 2 Mataram melaksanakan upacara bendera seperti tahun-tahun sebelumnya. Adapun petugas upacara diisi oleh rekan-rekan guru, dari pembina upacara, pemimpin upacara, pemimpin regu, pengibar bendera, pemandu upacara, pembawa naskah pancasila, pembaca Naskah UUD, dan doa. Untuk dirigen dan paduan suara diisi oleh ekskul marching band. Meski upacara sempat tertunda sebab langit Kota Mataram diguyur hujan, namun tak lama berangsur-angsur reda sehingga upacara bendera yang sempat tertunda bisa dilaksanakan dengan lancar dan penuh suka cita dari para siswa-siswi sebab petugasnya adalah guru-guru mereka.

“Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar” Adalah tema Hari Guru Nasional tahun ini. Dalam pidatonya, Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan, Faizin, S.PdI, M.Pd selaku pembina upacara Hari Guru Nasional di MTsN 2 Mataram. Adapun kutipan pidato yang disampaikan sebagai berikut,

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, lbu dan Bapak guru sebangsa dan setanah air, tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar. Kebaikan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi.

Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus memperbaiki, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan… ”

Selepas upacara usai, acara dilanjutkan dengan pemberian reward dari madrasah kepada para juara LKBB BERAKSI 2022. Kemudian berlanjut pelepasan, Dra. Hj. Siti Nurhayati yang mengakhiri masa bakti sebagai tenaga pengajar karena sudah memasuki masa pensiun, sebagai bentuk apresiasi ada penyerahan cinderamata dan sekapur sirih oleh kepala madrasa, Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, makan bersama, dan penampilan dari ekskul paskib yang menjuarai LKBB Beraksi 2022. Tak ingin ketinggalan ambil bagian, ekskul tari juga turut memeriahkan dengan menampilkan Tari Kembang Sembah yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara. Terakhir, puncak acara ditutup dengan penampilan dari anak-anak orsima yang menampilkan teatrikal yang tak kalah kerennya. Lengkap sudah rangkai acara peringatan Hari Guru Nasional 2022 di MTsN 2 Mataram.

Selamat Hari Guru. Terima kasih untuk selalu menjadi arah kehidupan yang menuntun kita menuju jalan kesuksesan.

(Tim Humas MTs.N 2 Mataram)