Mataram- Kedatangan Prof. Dr. Mahsun (Dosen FKIP – UNRAM) ke MTs.N 2 Mataram sebagai tindak lanjut atas kerjasama Program Literasi Madrasah pada hari Rabu, 8 September 2021 setelah beberapa waktu lalu beliau menyerahkan 120 eksemplar buku dengan 60 judul tentang cerita rakyat yang ada di Indonesia sebagai bahan literasi madrasah.

Dalam sambutannya oada kegiatan tersebut Kepala Madrasah bapak Sumber Hadi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesediaan bapak Profesor Mahsun untuk membina dan membimbing guru siswa Ekstra Karya Ilmiah Remaja (KIR) MTs.N 2 Mataram dalam rangka memperkuat budaya literasi madrasah.

Untuk itu diharapakan kepada segenap peserta pembinaan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Yang hadir adalah yang terbaik dan akan berperan sebagai ujung tombak program penguatan gerakan literasi madrasah dengan menjalin kerjasama yang baik dengan setiap komponen. Sebuah program membutuhkan dukungan segenap komponen terutama komponen madrasah sebagai bentuk tanggung jawab kolektif untuk mewujudkan insan adabi (good man) tutupnya.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Mahsun mulai memperkenalkan pada Bapak/Ibu Guru (khususnya guru Bahasa) serta siswa yang tergabung dalam program Karya Ilmiah Remaja mengenai program Literasi Sekolah tersebut. Disampaikan juga beberapa agenda seperti pelatihan para Guru dan Siswa yang akan ditangani secara langsung oleh Beliau.

“Program ini tidak hanya berbicara pada ranah membaca saja. Tapi bagaimana cara kita bisa memahami sebuah teks dan mengambil makna dari sana” ungkapnya. Prof. Dr. Mahsun juga sangat berharap dengan adanya program ini dapat memperbaiki minat terhadap Literasi. Karena persoalan mendasar generasi muda hari ini secara umum adalah minimnya pemahaman terhadap budaya literasi. Dengan penomena di atas maka Kemendikbud melalui Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Penanaman Budi Pekerti mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah sebagai upaya menjadikan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan segenap komponen madrasah. Karena sesungguhnya literasi menembus batas ruang dan waktu, menjadi bukti bahwa kita pernah ada dan eksis dalam siklus kehidupan di bumi.”

Sebagai penutup pertemuan ini Prof. Dr. Mahsun menyampaikan harapan besar lainnya, “Dengan sama-sama berkomitmen, Mari kita jadikan MTs.N 2 Mataram sebagai role model dalam bidang Literasi”.

Tim Humas MTs.N 2 Mataram