Mataram – Senin, 31 Oktober MTs.N 2 Mataram menerima rombongan dari Puskesmas Selaparang. Kehadiran tim kesehatan dari Puskesmas Selaparang ini merupakan respon Kepala MTs.N 2 Mataram terhadap program Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri (Peraturan Bersama 4 Menteri Tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS/M) melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan/ pemeriksaan kesehatan berkala gratis untuk peserta didik di tiap tingkat kelas pada SD/MI, SMP/MTs, serta SMA/SMK/MA/MAK. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin 1 (satu) kali per Tahun Ajaran.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi adanya resiko kesehatan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa dan menindaklanjuti risiko kesehatan yang ditemukan (saran bagi sekolah dan orang tua serta rujukan) ungkap ketua tim Shally, A.MKg. dalam wawancaranya dengan Humas MTs.N 2 Mataram.

Jenis pemeriksaan kesehatan yang diberikan sebagai berikut: Pemeriksaan Kebersihan Diri, Pemeriksaan Status Gizi, Pemeriksaan Tanda Vital (Suhu tubuh, tekanan darah, pernapasan, denyut nadi, jantung dan paru), Pemeriksaan kesehatan penglihatan, Pemeriksaan kesehatan pendengaran, Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, Pemeriksaan gaya hidup, Pemeriksaan kebugaran jasmani, Pemeriksaan kesehatan mental, Pemeriksaan kesehatan Intelegensia serta Pemeriksaan kesehatan reproduksi.

Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan oleh tenaga Kesehatan Puskesmas Selaparang dan dibantu oleh Kader Kesehatan Sekolah, Dokter Kecil, dalam pelaksanaan skrining tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini akan dipantau oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram Provinsi NTB tambah Shally.

Sebelum pemeriksaan fisik, terlebih dahulu siswa/i diberikan menjawab Kuesioner Anak Sekolah yang telah disiapkan tim kesehatan dalam rangka mengetahui pola hidup sehari-hari peserta didik, baik di madrasah maupun di rumah. Setelah kuesioner dikumpulkan secara lengkap maka barulah kita akan melakukan pengukuran kesehatan fisik siswa/i untuk dua kelas yakni kelas 7a dan 7b. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini kita agendakan selama 4 hari ke-depan pekan ini dan hasilnya akan dikirim langsung ke Kementerian Kesehatan RI tutupnya.

Kepala Madrasah Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan ini penting direspon sebagai wujud kepedulian bersama terhadap kesehatan remaja atau anak usia madrasah. Di samping itu kegiatan ini juga menjadi bagian dari cara bersama mengajarkan kepada siswa/i bahwa menjaga, mendeteksi dini kesehatan menjadi bagian yang sangat penting dalam rangka mengawal generasi muda bangsa yang sehat secara fisik dan psikis.

Tentu kita masih ingat pesan bahwa jiwa yang sehat terdapat pada badan yang sehat. Oleh karena itu kerjasama dengan instansi kesehatan menjadi penting untuk mengaktualisasikan pesan tersebut dalam rangka mencetak generasi yang cerdas baik intelektualnya, spiritualnya, emosinya serta dibarengi dengan kesehatan fisik yang prima tidak terkecuali anak-anak madrasah tambahnya.

Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama tanpa terkendala sampai akhir kegiatan yang dijadwalkan oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram dalam hal ini diwakili pihak Puskesmas Selaparang tutupnya.

Humas MTs.N 2.Mataram