Mataram – Warga MTsN 2 Mataram melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 dengan khidmat di halaman MTsN 2 Mataram. Selain pelaksanaan upacara, kegiatan hari ini dirangkai dengan pemberian reward para juara lomba dan keseruan Sabtu BERGEMA . (22/10/ 2022).

Hari ini 7 tahun yang lalu, tepatnya 22 Oktober 2015, Hari Santri ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hari yang ditetapkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Pada tahun sebelumnya, Kemenag RI merilis tema Hari Santri 2021, “Santri Siaga Jiwa dan Raga”. Sedangkan untuk tahun 2022 ini, Kemenag RI merilis tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Tema Hari Santri Nasional tahun ini mencerminkan peran santri dalam sejarah bangsa karena selalu ada di setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.

Pagi ini upacara Hari Santri Nasional di MTsN 2 Mataram di awali dengan Zikir dan doa yang di mana pelaksanaan upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WITA. Ada sedikit pemandangan berbeda. Terlihat siswa-siswi MTsN 2 Mataram yang mengikuti upacara menggunakan sarung, atasan putih, berpeci hitam bagi laki-laki, dan untuk perempuan dapat menyesuaikan. Berbeda dengan upacara yang rutin dilaksanakan pada hari Senin, upacara peringatan Hari Santri Nasional, siswa-siswi berpenampilan khas seperti para santri. Tidak hanya siswa-siswi, guru beserta pegawai yang mengikuti upacarapun berpenampilan seperti santri.

Sarung dan peci memang menjadi dua hal yang sudah identik dengan para santri. sarung dan peci secara simbolik menegaskan identitas Nusantara, yang berbeda dengan budaya negara lain.

Sesuai dengan tema pada tahun ini, “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Bagaimana Peran santri yang selalu ada di setiap fase perjalanan bangsa Indonesia. Peranan santri dalam negara ini, ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah. Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama. Catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Faizin, S.PdI, M.Pd. selaku pembina upacara, membacakan pidato menteri agama.

Dalam wawancara terpisah Kepala MTsN 2 Mataram, Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag mengungkapkan, Pelaksanaan Hari Santri merupakan sebuah napak tilas peradaban santri dalam menjaga keutuhan NKRI. Dalam perjalanan bangsa ini kaum santri sangat berperan aktif, resolusi jihad menjadi sumbu perjuangan yang suci dan mulia pada saat itu. Hari Santri milik semua elemen masyarakat, oleh karena itu kami keluarga besar MTsN 2 Mataram menyambut hari santri dengan begitu antusias dan bergairah.

Setelah upacara selesai, agenda selanjutnya, yakni penyerahan reward kepada para juara lomba yang diserahkan oleh wakamad kurikulum, Faizin, S.PdI, M.Pd. adapun nama-nama peraih juara lomba. Pertama, Aidah Faisal Mouid EID peraih mendali perak tingkat provinsi mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, ananda Aidah juga meraih mendali perak OSN-HK (Olimpiade Siswa Nasional-Hari Kemerdekaan) mata pelajaran Bahasa Inggris. Nama kedua, Lalu Muhammad Ali Fikri peraih mendali perunggu OSN-HK mata pelajaran Bahasa Inggris. Nama ketiga, Anasha Raina Nazzua Faizal peraih mendali perak OSN-HK mata pelajaran Bahasa Inggris. Nama keempat sekaligus terakhir, Nadhifa Aisya Salsabila peraih juara harapan dua olimpiade IPS tingkat SMP/MTs se-NTB ajang Saintek Awards.

Setelah penyerahan reward, kegiatan puncak pada hari ini ditutup dengan kegiatan Sabtu BERGEMA (Berolahraga, Games, Mandiri, dan Budaya). Kegiatan ini dilangsungkan setiap hari Sabtu pada akhir bulan, Artinya dalam satu bulan, Sabtu BERGEMA akan dilaksanakn sebanyak satu kali. Pada bulan Oktober ini adalah bulan perdana kegiatan Sabtu BERGEMA dan menampilkan pembacaan puisi dari Cahya Syafira. Kemudian tarian rudat dari siswa-siswi kelas 9 dan ditutup dengan nyanyian-nyanyian islami.

Selamat Hari Santri Nasional 2022. Semoga para santri Indonesia tumbuh menjadi insan teladan bagi negeri, menjadi santri dengan memberikan kontribusi untuk negeri.

Yaumul (Tim Humas MTs.N 2 Mataram)