Pada mata pelajaran Seni Budaya kelas IX semester genap tahun 2019 dibawah bimbingan Ruslan Wahid, ST dimana salah satu materi yang diajarkan adalah seni kriya atau disebut sehari-hari seni kerajinan atau keterampilan tangan dengan materi membuat tempat buah dari stik krim. Selain tempat buah juga memilki fungsi yang banyak seperti tempat minuman, tempat kue, tempat jajanan, dan sebagainya.

Guru pembimbing mata pelajaran Seni Budaya Ruslan Wahid, ST atau yang akrab dipanggil pak Lan mengatakan bahwa kegiatan membuat tempat buah dari bahan stik eskrim  ini bagi kelas IX merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam berkreasi dari bahan jadi atau bahan bekas. Bahan tersebut sangat mudah didapatkan baik ditoko-toko supermarket, toko ATK atau toko-toko penjual bahan pembuatan kue dan jajanan. Selain mudah didapat harganya sangat terjangkau hanya berkisar Rp. 2000 sampai 2500 rupiah.

Ruslan menambahkan teknik yang digunakan sangat sederhana dan mudah diterapkan hanya dengan cara rangkai, susun dan tempel. Stik dibutuhkan sekitar 4 ikat atau 200 biji stik es krim bisa menghasilkan satu buah piring buah. Karya ini sangat digemari oleh siswa karna meraka mengaku senang diajarkan dan hasilnya bisa dimanfaatkan di rumah langsung.

Salah siswa Nadif Laksono kelas IX b saat dimintai pendapatnya mengatakan bahwa ia dan temen-temennya merasa senang dan menikmati pelajaran Seni Budaya ini karena pak guru bisa mengajarkan banyak hal yang semula kami tidak tau bagaimana mengolah stik menjadi barang yang memiliki banyak manfaat, sekarang menjadi tau, apalagi pada semester ganjil kami diajar membuat lukisan dari bahan pasir “kami mendapatkan pengetahuan baru dan ini menjadi modal untuk bisa kita membuat sendiri dirumah” tambah Nadif yang juga pernah menjadi pengurus OSIS MTsN 2 Mataram.