Mataram – Jum’at, 29 Juli 2022 M, bertepatan dengan 30 Zulhijjah 1443 H, MTs.N 2 Mataram menyelenggarakan Imtaq pagi menyambut malam 1 Muharram dengan tema “Ikhtiar Menuju Peningkatan Kebaikan”. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman MTs.N 2 Mataram tersebut dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 08.30. WITA.

Sebagaimana biasa siswa/i berkumpul sebelum pukul 07.00 dengan membuat shaf di halaman madrasah untuk persiapan pelaksanaan shalat dhuha setelah membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dipimpin oleh salah seorang siswa yang ditunjuk. Setelah do’a dipanjatkan, peserta imtaq menyaksikan tiga orang siswa/i yang telah dilatih oleh pembina menyampaikan pidato. Pidato disuguhkan dalam tiga bahasa yaitu pidato Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pembiasaan menampilkan bakat serta keahlian yang dimiliki serta dihajatkan menjadi motivasi bagi siswa/i lainnya untuk terus berproses menjadi pribadi-pribadi tangguh harus terus menerus diikhtiarkan ungkap pembina Imtaq Bapak H. Tami’in, S.Ag. dalam wawancaranya dengan Tim Humas MTs.N 2 Mataram.

Imtaq pagi jum’at kemarin seakan memiliki kesan tersendiri, dimana imtaq kemarin merupakan pelaksanaan program pertama saya selaku pembina yang baru dan pelaksanaanya dihajatkan untuk menyambut pergantian tahun Baru Islam (1 Muharram 1444 H). Peristiwanya unik dan kejadiannya tak berulang-ulang dalam kurun waktu yang relatif tidak singkat dengan pelaku dan tempat yang berbeda barangkali menjadi salah satu peristiwa yang dikategorikan sebagai peristiwa bersejarah.

Untuk itu kiranya tidak berlebihan jika imtaq hari Jumat, 29 Juli kemarin menjadi imtaq yang memiliki kategori bersejarah dalam perjalanan panjang MTs.N 2 Mataram sebagai lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai lembaga tempat penanaman ilmu dan adab (ta’dib) kepada peserta didik. Di samping itu pelaksanaan imtaq tersebut seakan menjadi momentum memberikan pemaknaan terhadap makna Hijrah kepada segenap siswa/i khususnya dan kepada segenap keluarga besar MTs.N 2 Mataram pada umumnya tutup pembina Imtaq.

Dalam wawancara terpisah dengan Tim Humas Bapak Kepala MTs.N 2 Mataram Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag. menyampaikan bahwa Imtaq pada Jum’at kali ini tentu memiliki kesan mendalam karena dihajatkan untuk menyambut pergantian tahun baru Islam 1444 H serta momentum edukasi tentang asal-usul serta makna Hijrah dalam Islam. Sungguh memiliki dimensi historis yang dalam ungkapnya.

Seperti diketahui, penanda penting penanggalan Islam adalah peristiwa Hijrah. Sebagai sebuah tindakan historis yang strategis, Hijrah memiliki kedudukan tinggi dalam Islam. Sebagai sebuah ajaran, Hijrah tetap berlaku hingga akhir zaman sambungnya. Untuk itu jika Hijrah adalah perpindahan maka dalam konteks perpindahan hari ini seakan memiliki pesan perubahan dalam setiap dimensi kehidupan. Perubahan menuju kebaikan mutlak harus tetap terpelihara dan termanifestasi dalam tindakan kita sehari-hari baik selaku tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan (bersinergi untuk perubahan).

Perubahan niat, azam, untuk pengabdian terhadap agama dan negara menjadi penting, karena sikap kita dipengaruhi niat kita selaku individu yang akan berdampak pada perilaku sosial dalam interaksi kita di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja. Sikap rendah hati, berpikir terbuka ( membuka diri atas saran ataupun kritik), rasa kepedulian kepada sesama, menjalankan tugas secara profesional serta memiliki motivasi tinggi untuk menjadi lebih baik serta mampu menjalin kerjasama secara baik merupakan ciri khas dari individu yang memiliki kecerdasan emosi serta kecerdasan spiritual yang tinggi.

Sebagaimana Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual serta Kecerdasan Sosial yang dimiliki Nabi Muhammad saw. yang diwariskan kepada para sahabat, kepada para tabi’in dan tabi’t tabi’in untuk membawa pesan perubahan kepada segenap manusia, terutama perubahan pada dimensi keimanan atau keyakinan sebagai basis (asas) bagi perubahan sosial. Inilah kunci dari keberhasilan pendidikan Rasulullah saw. sehingga agama Islam dapat diterima oleh seluruh penduduk bumi dan menjadi rahmat bagi sekalian alam. Pelajaran penting yang dapat kita ambil pada moment Tahun Baru Hijriah ini tambahnya.

Semoga momentum Tahun Baru Islam dengan pesan Hijrah sebagai pesan perubahan menuju lebih baik untuk dapat kita manifestasikan di lingkungan MTs.N 2 Mataram dalam rangka mewujudkan visi Madrasah yang bekarakter Islami, Mandiri dan Prestasi. Selamat Tahun Baru Islam 1444 H tutupnya.

Humas MTs.N 2 Mataram