Mataram – Para guru dan pegawai MTsN 2 Mataram melaksanakan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama Badan Narkotika Nasional Kota Mataram. Kegiatan tersebut berlangsung secara tertutup di ruang UKS MTsN 2 Mataram, pada Jum’at, 26 Agustus 2022.

Pagi ini sebanyak 41 guru dan 18 pegawai MTsN 2 Mataram melakukan tes urine secara mendadak. Kegiatan yang dilangsungkan secara sidak ini, tanpa sepengetahuan rekan-rekan guru dan pegawai. Pihak BNN Kota Mataram hanya berkoordinasi dengan kepala madrasah.

Kepala Seksi Pencegahan BNN Kota Mataram, Subandriadi, SE menuturkan, kegiatan P4GN ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Mataram sebagai kota tanggap ancaman narkoba. Salah satunya dengan cara pendeteksian dini di lingkungan pendidikan. Kegiatan ini akan terus dikoordinasikan kepada kepala dinas pendidikan atau kepala kementerian agama dengan harapan dapat mewujudkan sekolah Bersinar (Bersih Narkoba).

Pada tahap awal kegiatan P4GN ini, mensasar rekan-rekan guru dan pegawai. Kedepannya kegiatan tersebut akan mensasar para siswa-siswi untuk jenjang SD dan SMP sederajat. Kegiatan ini tentu dilakukan dengan teknis yang sama, yakni secara sidak.

Selain itu juga, Subandriadi menambahkan, pihak BNN akan mencoba membuat MOU dengan dinas pendidikan maupun kementerian agama untuk memudahkan pihak BNN melakukan sosialisasi pencegahan narkoba sebagai langkah awal sebelum melakukan tes urine ke sekolah atau madrasah untuk para siswa-siswi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Madrasah MTsN 2 Mataram, Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag munuturkan, “Kami di MTsN 2 Mataram sangat mengapresiasi Kegaiatan P4GN untuk mewujudkan sekolah Bersinar. Sebagaimana diketahui penyalahgunaan obat terlarang ini sudah merambah pada segala usia dan beragam profesi, makanya kami lebih awal melakukan tes urine ini sebagai langkah pencegahan. Alhamdulillah bapak ibu guru dan pegawai yang ada di MTsN 2 Mataram sangat antusias. Hal sebagai wujud dan ikhtiar bersama untuk mensukseskan program Bersinar (Bersih Narkoba) di lingkungan sekolah maupun madrasah.”

Yaumul (Tum Humas MTs.N 2 Mataram)