mtsn2mataram_inmas- Melalui Rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs  kota Mataram, Kamis (18/1/2019) , di SMPN 6 Mataram disampaikan oleh ketua MKKS SMP/MTs kota Mataram H Lalu Suwarno, bahwa dari 23 SMP dan 3 MTs di kota Mataram, terdapat 21 sekolah yang sepakat mengadakan ujicoba atau Try Out yang dilakukan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Diantara 21 sekolah tersebut salah satunya adalah MTsN 2 Mataram.
Sejak Senin kemarin (11/2/2019) MTsN 2 Mataram telah mulai mengikuti Try Out bersama kota Mataram dan akan berakhir hari Kamis (14/2/2019) mendatang. Ada 4 (empat) mata pelajaran yang diujikan pada UNBK Tahun 2019 begitu pula pada ujian simulasi dan Try Out mulai pada hari pertama dilaksanakan untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan pada hari terakhir pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Dijelaskan oleh kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd bahwa baik Try Out maupun simulasi diadakan untuk memberikan peran penting dan manfaat bagi siswa. Dengan simulasi yang telah dilaksanakan pada 4 – 8 Pebruari 2019 yang lalu bisa memberikan gambaran kepada siswa bagaimana mengenal sistem CBT UNBK mulai dari login, mengerjakan soal hingga bagaimana log out agar hasilnya bisa terbaca pada sistem.
“Begitu pula dengan kegiatan Try Out siswa lebih mampu lagi menguasai cara mengerjakan soal-soal ujian, melatih pola pikir siswa untuk menghadapi segala kemungkinan bentuk soal UN, menguji kemampuan dasar siswa untuk menghadapi UN, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya melaksanakan UN serta meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang akan di-UN-kan”. Terang H. Marzuki.
Hal senada diungkapkan oleh Pokjawas binaan MTsN 2 Mataram Hj. Siti Rubianingsih pada saat melakukan monitoring pelaksanaan Try Out pada hari ke 2 Selasa (12/2/2019) mengungkapkan  apresiasinya kepada kepala madrasah, proktor dan teknisi atas kelancaran pelaksanaan Try Out walaupun pada hari pertama menemukan kendala pada server namun alhamdulillah bisa teratasi dan kegiatan berjalan seperti biasa berkat kerjasama dengan operator kota Mataram.

Sementara wakil kepala madrasah bidang Kurikulum Faizin, S.PdI mengungkapkan pada saat memberikan arahan kepada siswa sebelum memasuki ruangan ujian bahwa hasil Try Out ini nantinya akan diberikan kepada orang tua wali murid khususnya kelas IX sebagai gambaran pencapaian hasil belajar anaknya selama mengikuti pembelajaran di sekolah, maka Faizin berharap agar siswa betul-betul dan fokus mengerjakan soal Try Out agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan orang tua. (ruslanwahid)