mtsn2mataram,   Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) telah mulai dilakukan di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di lingkup Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam hal ini MTsN 2 Mataram salah satu madrasah yang berada di Kota Mataram sejak Senin (8/4/2019) telah mengikuti USBN serentak dan akan berakhir pada Jum’at (12/4/19) mendatang diikuti sebanyak 229 orang siswa.

Pelaksanaan USBN tahun 2019 ini semua mata pelajaran diujikan tidak terkecuali Seni Budaya dan Penjaskor serta prakarya namun ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya. Perbedaan mendasar antara USBN 2018 dan 2019 SMP/MTs, SMA/MA adalah pada dua mata pelajaran yakni Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab diujikan dengan cara berbasis komputer (USBN-BK). Kedua mata pelajaran tersebut selain diujikan secara komputerisasi juga secara berbasis kertas dan pensil (USBN-KP).

Dalam penyusunan soal-soal USBN tersebut disusun berdasarkan Kisi-Kisi Soal USBN yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui Surat Keputusan Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN tertanggal 27 November 2018. Namun, pada intinya soal USBN harus mengacu pada materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Soal USBN terdiri dari pilihan ganda dan essay atau uraian tujuannya adalah untuk membiasakan peserta didik berargumentasi, dan menyampaikan serta menggali kemampuan siswa dalam mengungkapkan alasan dari sebuah jawaban, yaitu dengan esai alasan yang rasional.

Pengawasan yang diterapkan pada pelaksanaan USBN MTsN 2 Mataram sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan cara pengawasan silang penuh antar anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM) sebanyak 8 (delapan) anggota madrasah mulai dari MTsN 2 Mataram sebagai Ketua KKM, MTs Miftahul Islah Tembelok, MTs NW Karang Bata, MTs Manba’ul Khaer NW Bertais, MTs Haqqul Yakin Sayang, MTs Darul Aman Tegal, MTs Tarbiyatul Qurra’ Selagalas dan MTs Qubbatul Islam Taliwang.

Dikatakan H. Marzuki sebagai ketua penyelanggara KKM MTsN 2 Mataram bahwa memasuki hari ke 3 pelaksanaan USBN berjalan lancar dan kondusif, siswa yang mengikuti ujian madrasah hadir lebih awal sebelum ujian dimulai dan pukul 08.00 wita mereka sudah memasuki ruangan dan berakhir sesuai waktu yang telah dijadwalkan sedangkan pengawas ruangan berasal dari dewan guru madrasah anggota KKM sebanyak 24 orang.

H. Marzuki menambahkan bahwa pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional sejak hari pertama hingga memasuki hari ketiga berlangsung dengan lancar serta kondusif . “kami upayakan kondisi Ujian USBN ini sama dengan kondisi Ujian Nasional dan ujian ujian lainnya agar siswa terbiasa disiplin serta mengikuti aturan ujian dengan sesungguhnya, adapun soal yang kami terima dari Dinas Pendidikan Kota Mataram tidak ditemukan kekurangan semua lengkap sesuai jumlah peserta ujian ” ungkapnya. (@ruslanwahid)