Mataram-Pembukaan kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar resmi dibuka oleh Kepala Kemenag Kota Mataram Drs. H. Muhammad Amin, M.Mpd dan Kepala MTsN 2 Mataram Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag selaku tuan rumah. Kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan kompetensi guru agar mampu memyesuaikan diri dengan kurikulum terbaru. Selain guru MTsN 2 Mataram, turut hadir perwakilan dari MIN 2 Mataram sebagai peserta dan perwakilan SMPN 1 Lembar sebagai pemateri yang sudah mengikuti pelatihan. (04/08/2022).

Perubahan kurikulum K-13 menjadi Kurikulum Merdeka Belajar direspon dengan baik oleh Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag, selaku kepala madrasah, kamis pagi yang berlokasi di perpustakaan MTsN 2 Mataram. Kepala MTsN 2 Mataram sebagai tuan rumah membuka pelatihan yang dihadiri oleh guru-guru madrasah dalam hal ini MTsN 2 Mataram dan MIN 2 Mataram.

Dalam sambutannya, kepala madrasah Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag menuturkan, “Perubahan ini merupakan langkah untuk menyesuaikan diri dengan keadaan atau zamannya. Dalam tahun ajaran baru 2022/2023 MTsN 2 Mataram sudah mencoba untuk menjalankannya khusus di kelas 7, namun karena tidak adanya pelatihan membuat rekan-rekan guru di sini sedikit khawatir. Maksudnya khawatir dalam hal ini, persepsi mereka yang belajar mandiri dari literatur-literatur yang dibaca keliru. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan seperti ini.

Pelatihan dari sekolah penggerak yang memang sudah mengikuti pelatihan selama berbulan-bulan yang memahami betul maksud dari Kurikulum Merdeka Belajar, sehingga apa yang diharapkan tercapai.”

Selain Kepala Madrasah, Kepala Kemenag Kota Mataram Drs. H. Muhammad Amin, M.MPd, juga turut membuka pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar. Tak jauh berbeda dengan kepala MTsN 2 Mataram, Kepala Kemenag Kota Mataram juga memiliki harapan yang sama. Sehingga apa yang diharapkan dari perubahan kurikulum ini tercapai secara maksimal dalam penerapannya.

Setelah pembukaan oleh tuan rumah dan Kepala Kemenag Kota Mataram, kegiatan pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar dimulai oleh Bapak Darsiah, S.pd. selaku kepala sekolah SMPN 1 Lembar yang didampingi oleh Zainal Abidin, S.Pd selaku Wakasek Kurikulum SMPN 1 Lembar yang keduanya mewakili SMPN 1 Lembar dan sekolah-sekolah di Lombok Barat untuk mengikuti pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar.

Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 4 Agustus sampai dengan 6 Agustus di MTsN 2 Mataram, namun tidak menutup kemungkinan akan berlanjut di luar jadwal yang sudah ditentukan, mengingat semua itu harus benar-benar dipelajari agar maksud dan tujuannya tercapai.

Yaumul (Tim Humas MTs.N 2 Mataram)