Selayang Pandang MTs Negeri 2 Mataram

A. Sejarah Berdirinya MTs Negeri 2 Mataram

Madrasah  Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram merupakan sebuah lembaga pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertamayang berada dibawah naungan Kementrian Agama yang bercirikan Islam. Sebagaimana diketahui bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram Adalah suatu lembaga pendidikan formal yang sudah diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar baik kota Mataram maupun luar kota Mataram dan beroperasi mulai bulan Juli tahun 2003.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 17 Rembiga Mataram merupakan kelanjutan dari Yayasan Baitus Shalihin Rembiga yang diresmikan menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram tanggal 25 Pebruari 2004 oleh Bapak Wali Kota Mataram yang saat itu dijabat oleh H. Moh. Ruslan, SH berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 558 tahun 2003.

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram terletak pada posisi yang sangat strategis yakni di jalan Jenderal Sudirman Nomor 17 Mataram Telpon (0370) 628833 Mataram.Secara geografis Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram terletak :
Sebelah Utara         : Jalan Jendral Sudirman dan PUSKESMAS Selaparang
Sebelah Selatan     : Kali dan persawahan yang masih hijau
Sebelah Barat        : Kompleks perumahan Villa palem Kota Mataram
Sebelah Timur        : Perkebunan buah penduduk

Dalam perjalanannya Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram di bawah pimpinan Lalu Mar’ah, BA kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram yang pertama, saat itu mengalami masa-masa sulit baik sarana maupun prasarana dan fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar masih sangat kurang, dikarenakan memang Madrasah tersebut masih benar-benar baru muncul sebagai suatu lembaga pendidikan formal dibawah naungan kementerian agama kota Mataram, akan tetapi hal tersebut tidak membuat patah semangat dan justru menjadikan motivasi bersama oleh dewan guru, karyawan dan karyawati selalu berupaya untuk menjadikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram untuk lebih maju dapat berkompetisi dengan lembaga pendidikan umum lainnya, khususnya Madrasah Tsanawiyah Negeri yang ada di Kota Mataram yang dianggap berkualitas. Pada masa-masa awal tersebut para guru dan karyawan door to door bergerilia untuk mencari siswa dengan cara menyebarkan brosur ke SD dan MI yang ada dilingkungan sekitar jalan lingkar utara dan Rembiga pada umumnya.

Berdasarkan perkembangannya dari tahun ketahun bahwa, kondisi terkini dari MTs Negeri 2 Mataram ini alhamdulillah semakin menunjukkan prestise dan prestasi yang membanggakan hal tersebut terlihat dari sugesti, motivasi, serta animo masyarakat yang ingin memasukkan anak-anaknya untuk memperoleh pendidikan di MTs Negeri 2 ini sangat tinggi. Dari tahun ketahun itu pula proses penerimaan peserta didik baru terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, namun karena lokal yang tersedia sangat terbatas maka calon peserta didik barupun benar-benar melalui tahapan-tahapan seleksi yang sangat ketat. Semoga kekurangan lokal serta sarana dan prasarana serta tingginya minat dan motivasi masyarakat tersebut menjadi bahan pertimbangan yang sungguh-sungguh nantinya bagi kementerian agama baik kota Mataram maupun kantor wilayah kementerian agama propinsi Nusa Tenggara Barat.

Adapun Kepala Madrasah yang pernah memimpin, membimbing, mendedikasikan diri, dalam memperjuangkan MTs Negeri 2 Mataram sampai menjadi seperti saat sekarang ini diantaranya :
1. Lalu Mar’ah, S.PdI                                  : Th. 2003 s/d 2006
2. Drs. H. Muhammad Amin, M.MPd         : Th. 2006 s/d 2010
3. Drs. H. Kaspunnuri                                  : Th. 2010 s/d 2013
4. Dra. Hj. Rusniah                                      : Th. 2013 s/d 2016
5. Drs. H. Marzuki,M.Pd                             : Th. 2016 s/d sekarang

Teriring doa dan harapan semoga perjuangan dan dedikasi yang telah diberikan kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram ini dapat kami jaga dan terus berjuang memajukan madrasah ini agar dapat menjadi terus lebih baik dan selalu menjadi pilihan utama masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya.