Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram

A. VISI : “ISLAMI, PRESTASI DAN MANDIRI”

B. MISI :
Menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan terhadap nilai – nilai Agama yang Akhlaqul Karimah.
Meningkatkan budaya Islami di lingkungan madrasah.
Mendorong madrasah sebagai wahana pengembang potensi siswa.
Menumbuhkan rasa kompetisi warga belajar madrasah dalam percaturan global.
Menumbuhkan pribadi yang bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
Menyiapkan pembelajran Ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat sehingga setiap siswa memiliki keunggulan dalam belajar mandiri.

C. INDIKATOR :
Adanya Kehidupan Madrasah yang religius berdasarkan nilai – nilai Agama
Adanya potensi warga madrasah baik secara akademik maupun ekstra kurikuler
Adanya rasa kompetisi ke arah yang positif bagi warga belajar dalam memajukan madrasah.
Tumbuhnya pribadi warga madrasah yang bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
Melaksanakan pembelajaran Ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat sehingga setiap siswa memiliki keunggulan dalam belajar mandiri.

D. TUJUAN :
Tercapainya kehidupan religius di lingkungan MTs Negeri 2 Mataram dalam prilaku tawadhu, ikhlas, sederhana dan kreatif
Memiliki warga madrasah yang rnenjadi juara dalam berbagai lomba baik tingkat lokal maupun nasional.
Memiliki warga madrasah yang mampu berkompetsi dalam memajukan madrasah.
Memiliki warga madrasah yang bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
Memiliki warga madrasah yang memiliki minat, bakat serta potensi mengembangkan dirinya melalui kegiatan ekstra kurikuler

Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi serta sasaran tersebut, MTs Negeri 2 Mataram menggunakan kurikulum Diknas dan kurikulum Kemenag yang meliputi pendidikan keagamaan, mulai tahun 2004 telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK),kemudian kurikulum KTSP semenjak tahun 2006, dan pada saat ini kelasIX serta kelas VII& VIII menggunakan Kurikulum tahun 2013 (K.13). Adapun raport atau penilaian siswa menggunakan raport elektronik dan menggunakan model terbaru yang berbeda dengan raport sebelumnya.
Perpaduan dua kurikulum yang diharapkan dapat menjamin keseimbangan IPTEK dan IMTAQ ini dikembangkan dengan menambah jam belajar (Prakarya) dalam rangka mengembangkan kepribadian siswa, diantaranya prakarya KHOT, serta ciri khas madarasah yang sesuai dengan letak geografisnya adalah prakarya biotekhnologi.

Selama tiga tahun selain kelas reguler MTs Negeri 2 Mataram juga memiliki kelas prestasi, dimana kelas prestasi ini dapat mengangkat prestise dan prestasi madrasah diajang lomba dan olimpiade-olimpiade yang diselenggarakan baik ditingkat kota maupun tingkat propinsi. Kelas prestasi tersebut proses belajar mengajar serta porsi yang diberikan berbeda dengan kelas reguler karena terdapat hal yang penting dikembangkan.

Pengembangan tersebut menitik beratkan pada : (1). Penguasaan pengetahuan dan pendidikan agama, (2). Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, (3) Pengguasaan Sains meliputi ( matematika, IPA ), dan (4). Penguasaan Keterampilan Komputer

Senada dengan hal tersebut maka sesungguhnya MTs Negeri 2 Mataram memiliki tujuan dan cita-cita yang harus tetap diperjuangkan oleh semua warga madrasah khususnya siswa-siswi yaitu Panca Prestasi Madrasah diantaranya: (1). Prestasi Akhlak mulia, (2). Presatasi Ilmu keagamaan, (3). Presatsi sains dan teknologi. (4). Prestasi Bahasa dan Budaya, dan (5). Presatsi Olah raga dan Seni