Jelang Debat Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram 2023/2024

Mataram- MTs Negeri 2 Mataram menggelar pesta demokrasi pemilihan Ketua ORSIMA (Organiasasi Siswa Intra Madrasah) 2023/2024. Pemilihan ini merupakan momen penting dalam kalender akademik tahunan dan mencerminkan komitmen madrasah dalam melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan.

Pemilihan tahun ini cukup menarik dibandingkan dengan tahun-tahum sebelumnya. Jika pada tahun lalu pemilihan diadakan dengan sederhana, pada tahun ini pihak madrasah telah membentuk kepanitian penyelenggaran pemilu seperti pemilu dalam suatu negara. Hal ini merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) dengan tema “Demokrasi Pancasila” dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil’alamin.

P5RA dengan tema “Demokrasi Pancasila” disiapkan dengan serius oleh para guru sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka pada kelas VIII. Dimulai menghadirkan pembicara langsung dari KPU Sofan Sofyan Hadi selaku Ketua Divisi Sosdikpem, Parmas, dan SDM KPU Kota Mataram.

Dalam penyampaiannya, Sofyan Hadi menuturkan pentingnya azas dalam pesta demokrasi untuk mewujudkan hasil pemilu yang berintegritas.

“Siswa harus tahu azas pemilu luber jurdil yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Juga tidak kalah penting untuk menjaga situasi tetap aman, tenteram, nyaman, dan terkendali. Semua harus mengedepankan kerukunan, pilihan boleh beda tetapi tidak boleh saling mencela, ujar Ketua Divisi Sosdikpem, Parmas, dan SDM KPU Kota Mataram.

Tak hanya menghadirkan pembicara dari KPU sebagai bentuk keseriusan, pihak madrasah membentuk kepanitia penyelenggara pemilu dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) , Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) yang dimana panitia-panitia tersebut akan bertanggung jawab untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan lancar dan transparan.

Setelah pasangan bakal calon melalui proses verifikasi ditetapkanlah empat pasangan calon menjadi pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram 2023/2024. Pada Sabtu, 9 September 2023 lalu tiap paslon mengambil nomor urut mereka yang disaksikan langsung oleh Kepala MTs Negeri 2 Mataram, Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag.

Nomor urut pertama, Syafa Rizkayani (8a) berpasangan dengan Cahya Syafira Halil (8c). Nomor urut kedua, Habibi Rahadi (8a) berpasangan dengan Quinsa Qumairho (8a). Kemudian Emha Habib Adnan Alhadi (8e) berpasangan dengan Chantika Dhia Syarafana mendapatkan nomor urut tiga (8c), dan Elsa Fatira (8d) yang berpasangan dengan Muhammad Daris Dzakwan (8D) mendapatkan nomor urut keemapat. Keempat pasangan tersebut akan melaksanakan agenda debat terbuka pada Jum’at 15 September 2023 mendatang sekaligus penyampaian Visi dan Misi.

Kepala MTs Negeri 2 Mataram, Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag dalam pidatonya menyatakan pentingnya peran ORSIMA dalam lingkungan madrasah.

Ia menjelaskan, “ORSIMA adalah wadah bagi siswa untuk berkembang, belajar kepemimpinan, dan berkontribusi dalam pengelolaan madrasah. Mereka adalah suara siswa dalam mengemukakan ide dan aspirasi. Tak hanya itu, momen ini adalah proses pembelajaran juga untuk para siswa agar mereka melek demokrasi sejak dini.”

Pemungutan suara dilangsungkan pada Sabtu, 23 September 2023 dan hasil pemungutan suara akan diumumkan pada Senin, 25 September 2023.

Tim Humas MTs.N 2 Mataram

Scroll to Top