Hasil Hitung Cepat Pemilu ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram

Mataram- Suasana demokrasi bergelora di MTs Negeri 2 Mataram. Hari ini merupakan jadwal pemungutan suara Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram, Periode 2023/2024. Sabtu, 23 September 2023.

Pemilu ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram merupakan rangkaian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin (P5RA). Projek ini merupakan kegiatan siswa kelas VIII yang sedang melangsungkan P5RA dengan tema “Demokrasi Pancasila” dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil’alamin sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, hari ini telah memasuki proses pemungutan suara. Penyelenggara pemilu telah menyiapkan tiga TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk para siswa, guru, dan pegawai. TPS 1 diperuntukkan untuk siswa kelas IX, guru, dan pegawai. Kemudian TPS 2 diperuntukan untuk siswa kelas VIII dan TPS 3 untuk para siswa kelas VII.


Ditemui di lokasi pemungutan suara, Nanda Zahwa selaku ketua KPU ORSIMA menyampaika proses pemungutan suara pada hari ini tidak ada kendala yang begitu berarti.

“Hanya masalah miskomunikasi, masalah koordinasi antara panitia penyelenggara, selebihnya berjalan dengan lancar dan diperkirakan akan berakhir sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan,” ujan Nanda.

Pemungutan suara dimulai pada pukul 08.00 WITA, terlihat para siswa, guru, dan pegawai secara sukarela dan antusias mendatangi tiap-tiap TPS yang telah disediakan dan mengikuti prosesnya dengan teratur. Mulai dari pengecekan DPT (Daftar Pemilih Tetap), pengambilan surat suara, pencoblosan, memasukkan surat suara, hingga tanda tinta sebagai penanda bahwa pemilik hak suara telah menggunakan hak suaranya. Sekitar pukul 10.30 WITA, sesuai dengan jadwal yang direncanakan pemungutan suara berakhir.

Dari data yang dihimpun KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di tiap TPS terdata sebagai berikut:

TPS 1, dengan jumlah DPT 245 orang, terhitung paslon 1 mendapatkan 42 suara, paslon 2 mendapatkan 125 suara, paslon 3 mendapatkan 13 suara, paslon 4 mendapatkan 29 suara, suara tidak sah 17, dan tidak menggunakan hak suaranya 19 orang.

TPS 2, dengan jumlah DPT 263 orang, terhitung paslon 1 mendapatkan 68 suara, paslon 2 mendapatkan 114 suara, paslon 3 mendapatkan 11 suara, paslon 4 mendapatkan 53 suara, suara tidak sah 1, dan tidak menggunakan hak suaranya 17 orang.

TPS 3, dengan jumlah DPT 278 orang, terhitung paslon 1 mendapatkan 45 suara, paslon 2 mendapatkan 190 suara, paslon 3 mendapatkan 1 suara, paslon 4 mendapatkan 29 suara, suara tidak sah 3, dan tidak menggunakan hak suaranya 10 orang.

Total keseluruhan terhitung DPT sejumlah 787 orang, paslon 1 mendapatkan 155 suara, paslon 2 mendapatkan 429 suara, paslon 3 mendapatkan 25 suara, paslon 4 mendapatkan 111 suara, suara tidak sah 21, dan tidak menggunakan hak suaranya 46 orang.

Dengan demikian berdasarkan hasil rakapitulasi penghitungan surat suara dari seluruh TPS, kemudian berita acara telah ditandatangani oleh tiap saksi dan paslon, Pemilu ORSIMA 2023/2024 menyatakan paslon nomor urut 2 Habibi Rahadi dan Quinsa Qumairho keluar sebagai pemenang kontestasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua ORSIMA MTs Negeri 2 Mataram Periode 2023/2024 . Jika tidak ada perubahan jadwal, pelantikan akan dilaksanakan pada Senin, 25 September 2023.

Kepala MTs Negeri 2 Mataram, menyampaikan rasa bangganya atas proses demokrasi pemilu ORSIMA pada tahun ini. Mengingat bagaimana para siswa berproses sebagaimana pemilu dilaksanakan semestinya dalam suatu negara khusunya di Indonesia.

“Saya sangat bangga dengan antusiasme para siswa dalam pemilihan ini. Mereka benar-benar bersemangat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi dan memilih pemimpin mereka sendiri. Semoga ini menjadi pembelajaran yang berharga, karena mereka kelak akan menjadi penerus nafas bangsa ini dan tentu banyak harapan pada pundak mereka,” ujar Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag.

Scroll to Top