mtsn2mataram- Bertempat di Musholla MTsN 2 Mataram seluruh kelas IX sebanyak 230 orang siswa berkumpul melaksanakan Imtaq Jum’at (2/2/2018), usai Imtaq digelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru oleh MANPK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan) Mataram yang diwakili oleh Humas MANPK Mataram Sumber Hadi, M.Pd dan Abdul Hafidz, M.Pd.

Dijelaskan oleh Sumber Hadi, M.Pd bahwa MANPK merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama (boarding school) yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MANPK bertujuan untuk merevitalisasi, melaunching kembali yang dulunya bernama MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus) yang pernah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987 yang untuk pertama kali dibuka dibeberapa propinsi di Nusantara.

“Dari program tersebut dianggap berhasil dengan alumni yang telah tersebar di berbagai bidang di dalam maupun di luar negeri. Dengan demikian, maka dalam rangka kaderisasi ahli-ahli agama pada masa yang akan datang (Kyai Zaman Now), Kementerian Agamapun mengeluarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4923 Tahun 2016 untuk revitalisasi MAPK sekarang menjadi MANPK”, tutur Hadi.

Berdasarkan SK Dirjen tersebut, terdapat 10 madrasah di Indonesia yang ditetapkan sebagai penyelenggara MAN PK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan), yang salah satunya ditunjuk MAN 2 Mataram NTB untuk menyelenggarakan MANPK bersanding dengan 9 MANPK lainnya yang tersebar di Provinsi lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 152 tahun 2018 tentang Juknis SN-PDB MANPK, maka tahun pelajaran 2018/2019 ini menjadi tahun kedua bagi MANPK Mataram untuk menerima peserta didik baru melalui seleksi nasional peserta didik baru (SN-PDB) 2018 yang akan dimulai dari tanggal 1 – 28 Februari 2018 dan akan menerima 1 rombongan belajar berisi 24 santri (putra).

MANPK yang telah dilengkapi sarana dan prasarana dimana telah disiapkan asrama untuk peserta didik, sehingga seluruh peserta didik akan tinggal di asrama mendukung kegiatan pembelajaran regular pagi hari, pengkayaan dibidang kajian kitab kuning/klasik pada sore dan malam harinya dengan bimbingan para asatidz yang kompeten di bidangnya.

Ditambahkan pula oleh Abdul Hafiz bahwa pendaftaran melalui dua Jalur Reguler (seleksi melalui jalur les) dan Jalur Prestasi. “Khusus untuk jalur prestasi atau seleksi melalui jalur non tes diperuntukkan bagi siswa MTs/SMP yang memiliki prestasi dibidang keagamaan seperti: MTQ (Musabaqah Qira ‘atil Quran) atau MQK (Musabaqah Qira’alil Kutub) dengan ketentuan MTQ juara 1 dan 2 tingkat nasional dan MQK juara 1, 2. 3, harapan 1-2 tingkat nasional, juara 1-3 tingkat propinsi yang semuanya berdasarkan rekomendasi kepala madrasah/sekolah dengan melampirkan salinan bukti piagam/trophy yang dilegalisir kepala madrasah/sekolah dengan cap & tanda tangan asli”, ucapnya.

Sementara Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada pihak MANPK Mataram atas sosialisasi yang telah dilakukan di MTsN 2 Mataram di hadapan seluruh siswa Kelas IX yang akan menamatkan pendidikannya dan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (lan)