MTsN2 Mataram _Inmas- Pokjawas Kemenag Kota Mataram Hj. Siti Rubianingsih, SE didampingi oleh Kepala Tata Usaha Marlia Zuhro, S.Ag melakukan monitoring dan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) di MTsN 2 Mataram pada hari pertama Senin (25/3/2019) kemarin.

Merujuk jadwal pelaksanaan ujian yang diikuti oleh siswa-siswi kelas IX MTsN 2 Mataram, setelah selesai pelaksanaan UAMBN-BK, maka tanggal 25 – 26 Maret 2019 siswa kelas IX akan mengikuti Ujian Ujian Sekolah Berbasis Komputer ( USBN-BK ), Dan terakhir pada tanggal 22-24 April 2019 mendatang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBN-BK).

Dalam kegiatan monitoring tersebut Hj. Siti Rubianingsih melihat secara langsung pelaksanaan ujian USBNBK hari pertama di kedua ruangan baik di Perpustakaan maupun di ruang Laboratorium MIPA berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah USBN BK di MTsN 2 hari pertama untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak berjalan lancar sesuai juknis dan panitia, pengawas, proktor serta teknisi selalu siap siaga”, ungkap Hj. Siti Rubianingsih.

Pada kesempatan yang sama kepada panitia dan pengawas ujian Hj. Siti Rubianingsih menuturkan bahwa USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi bagi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. Menurutnya pelaksanaan USBN Berbasis Komputer ini kalau dibandingkan dengan USBN Berbasis Kertas dan Pensil (USBN KP) sangat lebih efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya serta lebih mudah pengoperasiannya bagi siswa yang hidup di tengah-tengah zaman millenial. Beda dengan USBN KP akan membutuhkan waktu lama dalam penyusunan soal, pengepakan dan pendistribusian soal ke sekolah-sekolah anggota KKM, ungkap Hj. Siti Rubianingsih. (@ruslanwahid)