Mataram – Ratusan siswa-siswi MTsN 2 Mataram mengikuti Program Aksi Bergizi. Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehataan Republik Indonesia, melalui Dinas Kesehatan Kota Mataram dan Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat). Program yang didampingi puskesmas setempat ini, dilakukan dengan cara visitasi ke tiap sekolah atau madrasah yang terpilih. Terjadwal di MTsN 2 Mataram Senin, 24 Oktober 2022.

Mengutip dari situs resmi Unicef Indonesia; “Indonesia merupakan contoh negara dengan tiga masalah gizi pada anak dan remaja. Satu dari empat remaja kita pendek, satu dari tujuh remaja mengalami kegemukan, dan seperempat remaja putri kita mengalami anemia. Atas dasar tersebut, pemerintah mencoba program gizi remaja di dua kabupaten terpilih, yakni Klaten dan Lombok Barat. Pada evaluasinya, di dua kabupaten tersebut menunjukkan hasil yang positif dari segi peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja. Maka dari itu, pemerintah Indonesia memperluas program Aksi Bergizi secara Nasional sejak 2021.”

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WITA, diawali dengan senam yang diikuti oleh siswa-siswi, guru, dan pegawai. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sarapan bersama seratus siswa-siswi terpilih, dan minum obat TTD (Tablet Tambah Darah) untuk para siswi. Aksi Bergizi ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran tentang hidup sehat dengan berolahraga, makan-makanan bergizi dan pencegahan anemia pada siswi atau remaja putri.

Selain menanamkan aktivitas olahraga, makan-makanan yang sehat, mengonsumsi TTD. Program ini juga memberi pengetahuan tentang gizi yang baik sehingga menambah wawasan para siswa-siswi tentang makanan yang sehat. Tak hanya itu, pemeriksaan antropometri, tensi, HB, dan gula darah juga ada dalam Program Aksi Bergizi.

Harapannya kegiatan ini terus berlanjut tidak hanya menunggu dinas kesehatan provinsi maupun kota. Sekolah bisa terus melanjutkan kegiatan ini, paling tidak satu bulan sekali untuk kegiatan literasi Aksi Bergizi dan untuk tiap minggu konsumsi TTD dan sarapan bersama. Ujar Lutfia, Seksi Gizi dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan NTB.

Kepala MTsN 2 Mataram Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag sangat mengapresiasi Program Aksi Bergizi ini. Semoga program ini menjadi langkah awal kita untuk memahami cara pencegahan bagi timbulnya masalah kesehatan dan gizi remaja, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat bagi kalangan remaja usia sekolah, karena jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat.

Semoga ke depan MTs.N 2 Mataram dapat menjalin kerjasama dan  bersinergi dengan berbagai instansi terkait lainnya  (stakeholder pendidikan) sebagai ikhtiar kita bersama meningkatkan kualitas pendidikan madrasah menjadi lebih baik tutupnya.

Yaumul (Tim Humas MTs.N 2 Mataram)