Upacara Bendera Peringatan Hardiknas di MTs Negeri 2 Mataram

Mataram – MTs Negeri 2 Mataram mengadakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Selasa, 2 Mei 2023. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MTs Negeri 2 Mataram.

Upacara bendera dimulai pukul 07.00 WITA di lapangan MTs Negeri 2 Mataram. Seluruh siswa tampak bersemangat mengikuti upacara tersebut. Mereka memakai seragam sekolah lengkap dengan topi dan sepatu hitam.

Dalan upacara tersebut dibacakan pidato menteri pendidikan oleh Waka Kurikulum Faizin, S.PdI, M.Pd selaku pembina upacara. Adapun kutipan pidato yang dibacakaan pada Hardiknas 2023 sebagai berikut.

“Saudara saudariku, sebangsa dan setanah air, Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.”

Kepala MTs Negeri 2 Mataram, Bapak Sumber Jadi, S.Ag, M.Ag menambahkan, Hari Pendidikan Nasional adalah momen penting bagi seluruh warga pendidikan di Indonesia. Beliau juga mengajak seluruh siswa dan guru untuk terus bersemangat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di lingkungan MTs Negeri 2 Mataram.

Acara upacara bendera tersebut berlangsung dengan khidmat dan sukses. Setelah upacara selesai, seluruh siswa dan guru melanjutkan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Semoga peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat memotivasi seluruh warga pendidikan di Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Scroll to Top