Study Tiru Banding KKMTs Kabupaten Bogor di MTs Negeri 2 Mataram

Mataram- Civitas Akademika MTs Negeri 2 Mataram menyambut hangat kedatangan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Bogor. Penyambutan diawali dengan pengalungan kain tenun khas Lombok, kemudian dilanjutkan dengan tarian selamat datang dari para siswi sebelum rombongan bertolak ke lokasi di mana kegiatan akan berlangsung. (5/10/2023).

Kegiatan yang bertajuk Study Tiru Banding KKMTs Kabupaten Bogor di MTs Negeri 2 Mataram “Berbagi dan Saling Menginspirasi” berkaitan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin (P5RA). Dimana MTs Negeri 2 Mataram, merupakan salah satu madrasah di Provinsi NTB yang memgawali P5RA Kurikulum Merdeka.

Acara diawali dengan pembacaan kalam Ilahi oleh ananda Fenira Chaesya Maulida, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTs Negeri 2 Mataram. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada rombongan KKMTs Kabupaten Bogor di MTs Negeri 2 Mataram. Ia sedikit berseloroh tak habis pikir, daerah yang tergolong lebih maju mau datang ke wilayah Indonesia Timur dengan agenda study tiru terkait P5RA Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Selamat datang rombongan KKMTs Kabupaten Bogor. Baginilah kondisi madrasah kami, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan. Sebenarnya saya tak habis pikir, apa yang kami harus bagikan kepada orang-orang di barat, sedangkan kami di timur ini tidak lebih maju dari wilayah barat, agendanya study tiru pula. Tapi baiklah, kami akan menyampaikan apa yang sudah kami jalani terkait P5RA. Secara garis besar, kami telah menerapkan kurikulum ini memasuki tahun kedua. Kami di MTsN 2 Mataram terbilang masih dalam proses belajar. Semoga study tiru banding ini ada manfaat yang dapat dibawa,” ujar Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag.

Dalam kegiatan P5RA tahun pelajaran 2022/2023 MTs Negeri 2 Mataram telah melaksana tiga tema, yakni kewirausahaan (membuat kerupuk), kearifan lokal (membuat kain tenun sasak), rekayasa dan teknologi (microsoft office) untuk kelas VII. Dalam kegiatan P5RA tahun pelajaran 2023/2024 MTs Negeri 2 Mataram telah melaksanakan dua tema , yakni demokrasi pancasila (pemilihan orsima) untuk kelas VIII dan kearifan lokal (tradisi maulid di Lombok) untuk kelas VII.

Kepala madrasah juga memaparkan pencapaian para siswa-siswi MTs Negeri 2 Mataram, terkait prestasi akademik dan non akademik. Ia menyampaikan banyak perwakilan dari MTs Negeri 2 Mataram, yang mewakili Kota Mataram di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) perwakilan MTs Negeri 2 Mataram hanya sampai di tingkat provinsi. Kemudian untuk Pramuka, Paskib, dan PMR perwakilan MTs Negeri 2 Mataram sudah sampai ke tingkat provinsi bahkan nasional.

Ia juga menambahkan Di MTs Negeri 2 Mataram ada gerakan literasi. Gerakan literasi ini sudah menghasilkan antologi puisi dan sudah disebar di beberapa madrasah. Terbaru dan sedang digarab, yakni antologi cerpen.

Seusai sambutan dari kepala MTs Negeri 2 Mataram, kemudian dilanjutkan dengan sekapur sirih dari Ketua Rombongan KKMTs Kabupaten Bogor, K.H. Dr. Romdon, S.Ag., M.H. mewakili rombongan yang berjumlah 28 orang, terdiri dari Kepala Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Bogor.

“Saya mewakili rombongan mengucapkan terima kasih atas sambutan MTsN 2 Mataram, dari pengalungan hingga tarian khas Lombok yang diiringi suara gamelan yang merdu. Sungguh sambutan yang luar biasa. Kami sadari, kami ini kan tamu yang tak diundang. Tak diundang tapi datang kemudian disambut seperti tadi, sungguh luar biasa. Memang tidak salah kami memilih untuk berkunjung ke sini. Baru masuk saja seperti ada magnetnya,” Ujar K.H. Dr. Romdon, S.Ag., M.H.

Tak sampai disitu, ketua rombongan KKMTs Kabupaten Bogor juga menimpali seloroh kepala MTs Negeri 2 Mataram tentang wilayah Indonesia Timur yang tak lebih maju dibandingkan dengan wilayah Indonesia Barat.

“Memang kalau Kabupaten Bogor maju itu biasa, karena dekat dengan ibu kota. Ini jauh dari ibu kota, tapi maju artinya ini sangat luar biasa. Kami berkunjung ke sini tentu ada pertimbangan dari informasi yang kami dapatkan sehingga kami bersurat untuk berkunjung ke sini.” tambahnya.

Study Tiru Banding KKMTs Kabupaten Bogor di MTs Negeri 2 Mataram berjalan dengan lancar dan dinamis. Tetap serius, namun diselingi dengan candaan-candaan ringan memancing tawa memenuhi seisi ruangan.

Sebelum acara ditutup doa dan penyerahan cendera mata, kepala MTs Negeri 2 Mataram tak lupa mempromosikan daerah wisata yang ada di Pulau Lombok. Dari pantai, gunung, air terjun, agar tak luput dari kunjungan rombongan KKMTs Kabupaten Bogor, jika masih ada waktu bersantai selama berada di Pulau Lombok.

“Kalau ingin bersantai menikmati suasana Pantai yang tak kalah indah dengan Pantai Kuta Bali, ada Pantai Kuta Mandalika dengan pasir putih dan ombak tenangnya, terlebih dekat dengan sirkuit moto gp. Kalau di Bogor ada daerah wisata Puncak Bogor, di Lombok ada Sembalun dengan view perbukitan dekat dengan salah satu gunung terindah di dunia, Rinjani. Kalau mau yang segar-segar, ada Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun yang jatuhan airnya terlihat rapi seperti tirai,” tutupnya.

Tim Humas MTs.N 2 Mataram

Scroll to Top