Menghadapi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018 siswa kelas IX MTsN 2 Mataram, menggelar istighosah hari ini Kamis (12/4/18) yang dirangkaikan dengan peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, guru-guru dan staf karyawan. USBN berlangsung mulai 13-19 April 2018 dan UNBK SMP/MTs akan dilaksanakan tanggal 23 – 26 April 2018 mendatang.

Kegiatan istighosah dan doa bersama dilakukan bertujuan untuk membekali siswa dengan kekuatan spiritual, berupa munajat dan permohonan yang sungguh-sungguh kepada Sang Maha Kuasa, sembari memasrahkan diri sepenuhnya pada kehendak Yang Memberi Hidup, setelah sebagai manusia biasa merasa maksimal dalam berupaya. Dengan istighosah diharapkan akan memberikan rasa percaya diri pada siswa, bahwa setelah sekian lama berusaha keras dan kini meminta bantuan Allah, maka pada saat UN mereka tak lagi terbebani apapun, selain percaya bahwa Allah akan memberikan jalan yang terbaik.

Sebagaimana diungkapkan Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd bahwa Istighosah merupakan kegiatan rutin untuk para siswa yang dilakukan untuk menghadapi ujian hidup. Terutama pada saat ini, mereka tengah mempersiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP/MTs.

Doa bersama yang dilakukan di halaman madrasah, berlangsung sangat khusuk dan penuh khidmat. Kegiatan yang diawali dengan membaca surat pendek (Juz amma) secara bersama, solat duha 4 (empat) rakaat dan membaca Asma’ul Husna. Sebagian siswa terlihat ada yang meneteskan airmata, pada saat berdoa bersama yang dipimpin Waka Kesiswaan, H. Muzakkur, S.PdI.

H. Marzuki menambahkan bahwa kegiatan kegiatan istighosah hanyalah salah satu kegiatan menjelang UN. Namun belajar sangat penting, berdoa, untuk meminta kepada Allah supaya kita diberi kekuatan dan kenikmatan, serta rezeki. Salah satu rezeki itu adalah lulus ujian nasional dengan nilai sangat baik, ungkapnya. (Lan)