Mataram – MTsN 2 Mataram melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dimulai hari ini, Senin (4/10).

ANBK diikuti oleh 50 orang siswa/i Madrasah yang tengah duduk di kelas 8. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Waktu Tiap sesi 60 menit. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 s/d 09.30WITA dan sesi berikutnya dimulai pukul 09.30 s/d 11.30 WITA.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau tes/evaluasi merupakan pengganti Ujian Nasional. Asesmen Nasional merupakan sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Penilaian mutu suatu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan perangkat pendukung pembelajaran.

Persiapan real Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini sudah dimulai sejak jauh hari. Selain merancang hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan agar siswa/i tetap aman selama berlangsungnya simulasi, persiapan krusial lainnya adalah perangkat teknologi.

Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Faizin, M.Pd.mengatakan “Persiapan dalam menghadapi simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun ini sebagaimana persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada tahun sebelumnya. Namun bedanya ANBK tahun ini tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran karena fasilitas komputer yang dibutuhkan tidak seperti kebutuhan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer UN-BK. Pada Asesmen Nasional tahun ini kita hanya menyediakan komputer sebanyak 50 unit untuk 50 peserta. Faizin berharap kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun ini dapat berjalan dengan lancar tanpa terkendala.

Sejalan dengan harapan dari Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Kepala Madrasah MTsN 2 Mataram, Sumber Hadi, S.Ag, M.Ag. pun berharap hal yang sama. Sumber Hadi turut memantau setiap persiapan yang dilakukan untuk menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Beliau juga tidak lupa menyampaikan pembekalan sebelum dimulainya ANBK pada hari ini.

Dalam pembekalan singkat tersebut, Sumber Hadi menekankan kepada seluruh peserta Asesmen Berbasis Komputer (ANBK) untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil terbaik. Karena mutu atau kualitas madrasah kita akan dipetakan melalui ANBK ini. Artinya bahwa mutu / kualitas  madrasah kita berada di pundak para peserta ANBK. Untuk itu para peserta harus memanfaatkan momen ANBK ini secara sungguh-sungguh. Harus mengerahkan segenap potensi terbaiknya untuk hasil yang memuaskan, sebagai wujud kesungguhan madrasah dalam mengawal tujuan pendidikan nasional. Spirit  untuk menjadikan MTs.N 2 Mataram menjadi yang terbaik dalam Asesmen Nasional kali ini  harus termanifestasi dalam tindakan yakni dengan menganalisis setiap butir soal secara cermat  dan memilih jawabannya secara  tepat sebagai wujud kematangan intelektual tutup Sumber Hadi.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari ini mendapat kunjungan langsung dari Bapak Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Privinsi NTB Bapak H. M. Ali Fikri, SH., MH. pada awal sessi ke-2 didampingi bapak Kepala MTsN 2 Mataram. Harapan beliau bahwa pelaksanaan ANBK di masa pandemi tahun ini semoga berjalan lancar untuk perolehan hasil terbaik dengan tidak terdapat kendala yang berarti secara teknis dalam proses pelaksanannya. Selain itu Bapak Kabid Penmad juga menghimbau agat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga warga madrasah di manapun terhindar dari wabah Covid-19.

Proses Asesmen Nasional Berbasis Komputer hari ini berakhir pada pukul 11.30 WITA. sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pusat dengan harapan semoga berjalan lancar, tanpa kendala apapun dengan perolehan hasil terbaik untuk pemetaan mutu pada Satuan Pendidikan.

Tim Humas MTs.N 2 Mataram