mtsn2mataram_inmas- Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan istilah penilaian yang dilakukan diakhir semester setelah kegiatan pembelajaran selama 1 semester atau 6 bulan. yang dulunya PAS dikenal dengan istilah ulangan semester. Namun PAS adalah istilah baru yang dipakai dalan kurikulum 2013 atau kurikulum Nasional di Indonesia saat ini.

MTsN 2 Mataram mulai hari Kamis (29/11/2018) kemarin menggelar ujian penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 bagi siswa-siswi kelas VII hingga kelas IX untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester setelah 6 bulan melakukan pembelajaran.

Diungkapkan Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd bahwa sesuai jadwal yang sudah disepakati oleh anggota KKM lingkup MTsN 2 Mataram bahwa Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil dilakukan serentak di mulai tanggal 29 November s.d 6 Desember 2019 mendatang. “Pelaksanaan ujian penilaian akhir semester ganjil sudah siap dilaksanakan karena jauh hari sebelumnya guru-guru sudah menyusun kisi-kisi soal beserta soal semester disamping itu guru juga kami minta menyelesaikan materi pelajaran” ungkapnya.

H. Marzuki menambahkan bahwa ujian akhir semester ganjil ini dimaksudkan untuk mengukur pencapaian pembelajaran peserta didik selama kurang lebih enam bulan, selain itu sebagai pemetaan evaluasi pembelajaran mereka pada semester genap. Selain itu kegiatan PAS ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram yang biasa kita sebut ujian bersama (UB) terutama untuk mata pelajar umum yang diujian nasionalisme, sementara untuk mata pelajaran agama kita laksanakan sebagai ujian bersama KKM.

H. Marzuki mengharapkan agar siswa-siswi dari kelas VII hingga IX untuk bisa fokus dan konsentrasi dalam menghadapi ujian agar memperoleh nilai yang maksimal dengan mengurangi permainan gadget dan medsos. “Bila belajar sungguh-sungguh pasti mudah menjawab soal dan dapat nilai bagus” tandasnya. (Lan)