mtsn2mataram- Ujian Penilaian Akhir Semester Genap (PAS) Tahun pelajaran 2017/2018 bagi siswa-siswi kelas VII dan kelas VIII MTsN 2 Mataram sudah mulai dilaksanakan pada hari ini Senin (21/5/2018) dan berakhir Rabu (30/5/2018) mendatang.
Diungkapkan Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd bahwa sesuai jadwal yang telah disepakati oleh semua KKM Se-Kota Mataram di bawah naungan Kementerian Agama Kota Mataram diputuskan bahwa Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) genap akan dilakukan secara serentak di Kota Mataram mulai tanggal 21 hingga 30 Mei 2018 dan pembagian raport akan dilaksanakan sekitar awal bulan Juni 2018 mendatang.
“Pelaksanaan ujian penilaian akhir semester genap sudah siap dilaksanakan karena jauh hari sebelumnya guru-guru yang mengampu mata pelajaran agama sudah menyusun kisi-kisi soal beserta soal semester disamping itu guru juga kami minta menyelesaikan materi ajar sebelum tanggal 15 Mei 2018 sedangkan mata pelajaran umum seperti IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia kisi-kisi dan soalnya bersumber Dinas Pendidikan Kota Mataram karna pelaksanaan ujian ini merupakan ujian bersama atau kolaborasi antara Kemenag Kota dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram”terang H. Marzuki.
Pelaksanaan ujian semester tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yakni bertepatan dengan awal Puasa Ramadhan 1439 H, namun terlihat konsentrasi pada siswa-siswi kelas VII dan VIII tidak terganggu dalam mengerjakan soal, begitu juga guru-guru tetap fokus menjalankan tugas kewajibannya menjadi pengawas. Tiap ruangan peserta ujian berjumlah 40 orang terdiri dari 20 orang siswa kelas VII dan 20 siswa kelas VIII duduk secara menyilang untuk menghindari terjadinya saling contek, sedangkan pengawas ujian berjumlah dua (2) orang guru pada tiap ruangan.
Lebih lanjut H. Marzuki menambahkan bahwa ujian akhir semester genap ini merupakan penentuan kenaikan kelas siswa ke jenjang kelas yang lebih tinggi, kelas VII naik ke kelas VIII dan kelas VIII naik ke kelas IX, selain itu ujian adalah sebagai hasil evaluasi dan hasil pembelajaran mereka yang telah tempuh selama satu tahun, mulai tahun semester ganjil hingga semester genap. “Kami berharap agar siswa-siswi kelas VII dan VIII bisa 100 % naik kelas dengan nilai perolehan yang maksimal yang diberikan oleh para guru-guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki siswa”, ungkapnya. (Lan)