Mataram – Bertempat di Kantor Institut Riset Nusantara, Yayasan Sentra Kajian Pembangunan Insani, Jalan Panjitilar Negara nomor: 125A Mataram, sejak tanggal 25-26 September 2021, telah dilaksanakan Pelatihan Guru dan Tenaga Kepustakaan dalam rangka penyiapan implementasi Gerakan Literasi Madrasah Mandiri-Berprestasi. Pelatihan dihadiri para guru bahasa Indonesia, guru pembimbing Karya Tulis Ilmiah yang berasal dari MAN 2 Mataram dan MTsN 2 Mataram, serta tenaga kepustakaan.

Pemberi materi pada pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu adalah Prof. Dr. Mahsun, M.S dengan fokus pelatihan pada hal-hal yang terkait dengan literasi, seperti pelatihan memproduksi dan mereproduksi teks. Jenis teks yang dilatih pada pelatihan tahap kedua ini difokuskan pada  teks genre sastra jenis penceritaan, dengan empat jenis struktur berpikir, yaitu teks cerita ulang, naratif, eksemplum, dan anekdot.

Selain itu diberikan pula materi terkait peran perpustakaan madrasah dalam mendukung gerakan literasi madrasah.

Para peserta dilatih untuk memproduksi dan mereprodukai teks dengan menggunakan tahapan-tahapan saintifik, sehingga diperoleh pemahaman tidak hanya bagaimana memreproduksi teks sesuai teks asal yang dibaca, tetapi juga pemahaman bagaimana mereproduksi  menjadi jenis teks lain dari teks yang dibaca. Dalam hal itu, terkait dengan kemampuan mengkonversi teks  melalui metode saintifik. Dengan cara demikian, peserta pelatihan memperoleh pemahaman dan penerapan pemahamannya dalam menyampaikan suatu topik persoalan dengan berbagai struktur berpikir yang berbeda. Bekal inilah nantinya akan digunakan untuk  melatih dan mengarahkan siswa dalam pelaksanaan literasi Madrasah Mandiri-Berprestasi di Madrasah-masing. Pelatihan selanjutnya, akan difokuskan pada produksi teks akademik yang diarahkan pada penyusunan proposal dan penulisan karya akademik.

Sumber Hadi, selaku Kepala MTs.N 2 Mataram menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan pelatihan tersebut. Pelatihan semacam ini sangat penting untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di MTs.N 2 Mataram. Peningkatan kualitas pendidik merupakan instrumen kunci bagi peningkatan kualitas peserta didik. Selain pentingnya peningkatan kualitas guru, tenaga kepustakaan dan peserta didik Sumber Hadi juga menyampaikan bahwa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak eksternal terkait merupakan sebuah keharusan. Karena menjadi mandiri dan berprestasi tidak mungkin diikhtiarkan sendiri (internal),  namun membutuhkan kerjasama intensif dengan lembaga-lembaga eksternal terkait sebagai manifestasi dari  pemanfaatan peran stake holder (ekternal) kelembagaan sebagai ikhtiar peningkatan mutu madrasah untuk generasi hebat, mandiri dan berprestasi menuju Indonesia Emas 2045.

Semoga jalinan kerjasama kolektif di tingkat internal kelembagaan serta kerjasama dengan pihak eksternal terkait lainnya  tetap terjalin harmonis sehingga peningkatan mutu di MTs.N 2 Mataram mencapai target yang kita harapkan tutupnya.

Tim Humas MTsN 2 Mataram