Mataram – Tiga siswa MTsN 2 Mataram mengikuti pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi hari ini, Senin (20/9). Mereka adalah Muhammad Helmi Fadilah (Juara 1 KSM bidang IPS), Fatih Khairul Umam (Juara 3 KSM bidang Matematika), dan Amir Hamzah (Juara 3 KSM bidang IPA)di tingkat kabupaten/kota.hari ini (senin tgl 20 September) mereka mengikuti KSM tingkat Provinsi melalui daring secara bersamaan di Madrasah.

Persiapan-persiapan untuk menghadapi KSM sudah dilakukan bahkan sejak hari pertama setelah pengumuman juara KSM tingkat Kota diumumkan. Hampir setiap hari pelatihan dari guru pembina dan guru mapel masing-masing serta pembinaan dari guru bahasa Arab yang didapatkan oleh ketiganya. Hal ini di sebabkan karena soal soal KSM teintegritas yang terdiri dari soal bhs arab dan agama lainnya. Semua tidak terlepas dari semangat MTSN 2 Mataram untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam ajang kompetisi madrasah yang dilaksanakan setahun sekali ini.

Dalam wawancara bersama kepala MTsN 2 Mataram, bapak Sumber Hadi. Beliau tentu saja menargetkan hasil yang terbaik. Bahkan ikut aktif memantau secara langsung pelatihan yang ada atau rutin mengumpulkan guru pembina untuk berdiskusi mengenai persiapan dalam menghadapi KSM. “Saya percaya dengan kemampuan anak-anak. Mereka sudah melewati proses pelatihan dengan frekuensi yang padat. Guru-guru pembina yang ada pun saya pantau sudah memberikan pengajaran yang terbaik untuk mereka. InshaAllah jika dibarengi dengan doa-doa yang setiap hari kita panjatkan terutama saat imtaq, kita akan mendapatkan hasil yang terbaik. Anak-anak sudah mengerahkan usaha terbaiknya. Kita sebagai pembina juga berusaha membimbing dengan segala ilmu yang kita miliki. Semoga dengan usaha ini kita bisa menjadi juara. Anak-anak juga bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari kompetisi ini” Ungkap para pembina di akhir wawancara singkat ketika sedang mempersiapkan anak-anak untuk melaksanakan KSM secara daring.

Selanjutnya, pelaksanaan KSM tingkat provinsi ini berlangsung selama 3 hari. Diawali dengan pelaksanaan gladi bersih pada tanggal 18 September dilanjutkan dengan perlombaan inti yang dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 20 September. Kompetisi KSM pagi ini dimulai pukul 11.00 WITA. Dengan batas waktu pengerjaan selama 2 jam. Soal yang mereka hadapi luar dari prediksi 75% adalah agama.

Untuk mapel IPS 40 butir soal diantaranya 30 multiple choice (pilihan ganda)  10  essay. Maple Matematika 25 butir soal yang terdiri dari 20 multiple choice 5 essay sedangkan mapel IPA 40butir soal 32 butir soal multiple choice  8 essay yg terdiri dari 3 biologi 5 fisika. Setiap mapel beda soalnya sesuai tingkat kesulitannya. Untuk menjawab soal selain menguasai materi dari making mapel mereka juga harus menguasai pelajaran agama (qur’an hadist, ski, akidah akhlak, fikih dan bahasa arab. Hari ini soalnya selain bhs arab ada juga soal yg menggunakan bahasa inggris tutur fatih salah satu peserta.

Tim Humas MTs.N 2 Mataram