Inmas–Pembinaan Civitas MTs.N 2 Mataram. Begitu acara hari ini Jum’at, 13 Agustus 2021 pada pukul 09.00 WITA di lingkungan MTs.N 2 Mataram. Kegiatan pembinaan bagi Civitas MTs.N 2 Mataram oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, bapak Dr. K.H. M. Zaidi Abdad, M.Ag. Turut hadir pada acara ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram dan  Kabid Penmad. Kanwil Kemenag NTB, bapak H. Muhammad Ali Fikri, S.Ag., MH.

Kegiatan pembinaan hari ini diinisiasi oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mataram,  bapak Sumber Hadi, S.Ag., M.Ag. mengingat pentingnya peningkatan disiplin dan kualitas kinerja dalam sebuah organisasi. Menurut beliau, “Organisasi merupakan sarana kegiatan orang-orang atau individu dalam usaha mencapai tujuan bersama. Sehingga dalam sambutannya, Sumber Hadi menyampaikan hal-hal terkait kegiatan yang sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan ke depannya dalam rangka berkontribusi untuk Madrasah yang berkemajuan, khususnya bagi MTs.N 2 Mataram.

Fokus utama hari ini sambungnya adalah pemetaan kompetensi siswa/i dan akan diberikan bimbingan secara intensif guna peningkatan kualitas pendidikan madrasah, sehingga diharapkan siswa/i MTs.N 2 Mataram dapat berkontribusi dan bersaing dalam kompetisi global. Tidak ada yang mustahil jika niat dikuatkan dan ikhtiar sungguh-sungguh dalam spirit kebersamaan. Sebagaimana semut walaupun dengan postur tubuh yang kecil namun mampu mengangkut makanan yang lebih besar dari tubunya karena kebersamaan/bekerjasama. Itulah ibrah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari makhluk kecil namun memiliki spirit kebersamaan yang tinggi. Inilah filosofi semut tutupnya.

Dalam sambutannya, bapak Kakanwil Kemenag NTB mengapresiasi kegiatan pembinaan hari ini, karena acara seperti ini  hadir dari renungan akan kebutuhan lembaga sebagai ikhtiar bersama dalam rangka peningkatan kualitas diri untuk sebuah pengabdian.  Organisasi yang merupakan kumpulan individu membutuhkan sumber daya yang mumpuni, memiliki spirit perjuangan serta etos kerja yang tinggi.

Sebuah program tidak akan berjalan sesuai rencana tanpa didukung sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, pembinaan menjadi penting sebagai momentum memupuk semangat pengabdian dengan karakter disiplin dan kinerja efektif. Tidak kalah penting lagi adalah kreativitas dan inovasi, karena tantangan hidup semakin dinamis, maka peningkatan kualitas tenaga pendidik dan  kependidikan menjadi mutlak. Terlebih lagi di masa pandemi covid -19 yang menuntut kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran.

Materi pamungkas dari pembinaan hari ini adalah term kerjasama. Program yang baik   akan sulit mencapai tujuan yang diharapkan jika tidak didukung oleh segenap elemen kelembagaan dengan spirit kebersamaan yang tinggi.

Mengakhiri pembinaannya bapak Kakanwil mengharapkan kerjasama secara baik untuk kemajuan Madrasah sehingga berhasil mencetak generasi mandiri, berprestasi dan bermartabat. Penerapan protokol kesehatan secara ketat di setiap aktivitas di Madrasah harus menjadi perhatian bersama dengan harapan semoga terhindar dari virus corona, sehingga aktivitas pelayanan di Madrasah tetap berjalan sebagaimana mestinya” imbuhnya.

Aktivitas pembinaan hari ini diakhiri do’a dan harapan semoga Civitas MTs.N 2 Mataram memiliki disiplin dan etos kerja tinggi serta kerjasama kolektif sebagai modal untuk menjadikan Madrasah menjadi Madrasah Mandiri, Berprestasi dan Bermartabat.

Team Humas MTs.N 2 Mataram