Inmas – Selasa , 17 Agustus 2021 bertempat di halaman MTs.N 2 Mataram jam 07.30 WITA. dilaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 dihadiri Bapak/Ibu Guru dan Karyawan/ti MTs.N 2 Mataram. Pelaksanaan upacara bendera pagi ini berjalan penuh khidmat walau tanpa kehadiran siswa/i madrasah sebagaimana pelaksanaan upacara bendera di tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Semangat itu jelas terlihat walau dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat mengingat hari ini masih dalam susana PPKM level-4. Seluruh guru dan staf turun tangan untuk mengisi posisi sebagai petugas Upacara. Suasana yang hening menambah rasa khidmat selama upacara berlangsung.

Selaku inspektur Upacara bapak Kepala Madrasah Sumber Hadi, Ita Yuliati (KTU) selaku pembaca teks Proklamasi, Maman Maulidi (Komandan Upacara), Bq. Sri Ujiani, Siti Zuraidah dan Zuhri Agustini (pengibar bendera merah putih), Kariyani (pembaca  teks UUD 1945), Mulya Ayu Astari (Mc.), Haerul Mubin (Pengatur upacara), Abdul Muthalib (komandan peleton) dan H. Muzakkur (pemimpin do’a). Bapak dan Ibu Guru yang lainnya bertugas selaku peserta sekaligus menjadi regu nyanyi yang dipimpin ibu Emylia Chalidiyanti.

Pelaksanaan upacara bendera berjalan lancar tanpa kendala sebagai hasil latihan sungguh-sungguh sehari sebelum pelaksanaan upacara bendera. Usaha takkan menghianati hasil begitulah kira-kira adagium hari ini.

Dalam amanatnya bapak Sumber Hadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja dan latihan sungguh-sungguh Bapak/Ibu petugas dan peserta upacara yang telah menjalankan tugas dan peran masing-masing sesuai harapan. Menjadi petugas upacara seperti ini memang jarang dilakukan, hanya pada moment-moment tertentu, namun hasilnya membanggakan, ungkap Sumber Hadi sebagai apresiasi atas kesuksesan pelaksanaan upacara bendera pagi ini.

Selain itu beliau menyampaikan beberapa poin penting mengenai imbauan Gubernur Prov. NTB. “Pertama-tama, tentu saja kita diharapkan untuk menjaga kesehatan  selalu menjalankan protokol kesehatan.” Selain itu Sumber Hadi juga membahas mengenai kegiatan PTM (Pertemuan Tatap Muka) terbatas yang akan dimulai Rabu, 18 Agustus besok. Kemudian pada akhir amanatnya, Bapak Sumber Hadi mengatakan, “Mari kita berdoa bersama agar pandemi segera berakhir dan kita dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa sehingga kita dapat berkontribusi mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh melalui Madrasah.

Mengharukan memang tanpa kehadiran siswa/i, karena momentum penanaman nilai kebangsaan, cinta negeri, patriotisme kepada peserta didik terkendala pandemi. Namun  spirit kebangsaan harus mengkristal dalam jiwa seluruh rakyat Indonesia karena sungguh Nasionalisme adalah kecintaan tertinggi individu terhadap bangsanya.

Upacara bendera diakhiri doa dan harapan semoga peran setiap individu pada upacara bendera pagi ini menjadi pelajaran bersama untuk membangun spirit bekerja dan bertanggung jawab pada tugas pokok masing-masing sebagai ikhtiar sungguh-sungguh menjalin kerjasama dalam keberlangsungan pengabdian antar segenap komponen  madrasah untuk  MTs.N 2 Mataram yang Mandiri, berprestasi dan bermartabat sehingga mampu berkontribusi pada keberlangsungan dan peningkatan kualitas peradaban.

Setelah upacara selesai dan barisan dibubarkan, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh guru dan staf MTs.N 2 Mataram. Tentu saja segala rangkaian acara yang terlaksana tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Team Humas MTs.N 2 Mataram