mtsn2mataram- Dalam rangka memperingati Milad Ke 14 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2018 MTsN 2 Mataram menggelar khataman Al-Qur’an 30 Juz pada Jum’at (23/2/2018) diikuti oleh seluruh siswa sebanyak 670 orang dan guru-guru serta seluruh staf karyawan. Turut hadir Kepala Kemenag Kota Mataram H. Burhanul Islam dan Pengawas Pembina Kota Mataram Hj. Siti Rubianingsih. Masing-masing peserta khataman membaca 2 sampai 3 juz Al-Qur’an sebagaimana yang telah ditentukan oleh panitia.

Dalam sambutannya Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd mengatakan bahwa acara milad dikemas dengan kegiatan Khatam Al-Qur’an dan hiburan sederhana yang diisi dengan berbagai macam perlombaan yang akan digelar oleh Osis MTsN 2 Mataram pada Sabtu (24/2/2018), tidak diadakan jalan-jalan seperti tahun-tahun sebelumnya, “mengingat keamanan lalu lintas tambah ramai dan jangan sampai ada tuntutan dari orang tua disamping jumlah siswa kami tidak sama dengan tahun kemarin, itu akan membutuhkan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, ungkapnya.

Pada usianya yang genap 14 tahun MTsN 2 Mataram di bawah kepemimpinan H. Marzuki yang memasuki tahun kedua diantara program yang diterapkan selain program akademik maupun non akademik sebagai ciri khas dari sekolah-sekolah umum lainnya adalah penanaman nilai karakter melalui Baca Al-Qur’an dan Sholat Dhuha setiap hari mulai jam 07.00 pagi berkumpul di lapangan. Tujuannya adalah mendidik dan mengajarkan siswa agar selalu berpegang teguh pada Kitab Allah SWT Al-Qur’an dan Sunnah Nabi SAW dalam menghadapi tantangan hidup di zaman era digital.

Kepala Kemenag Kota Mataram H. Burhanul Islam dalam arahannya menyampaikan 
usia 14 tahun MTsN 2 Mataram adalah usia masa perkembangan untuk berbenah menapaki dan menunjukkan eksistensinya untuk masa yang akan datang. Ia sangat mengapresiasi dan berterima kasih pada milad tahun ini dengan bersama-sama bisa mengkhatamkan al-quran. “hal semacam ini sangat kita banggakan dan patut kita lestarikan termasuk bagi anak-anak bila ada yang akan berulang tahun yang ke-14 yang ke-15 cara-cara seperti ini, upaya-upaya seperti inilah yang perlu diikuti tanpa harus membeli paket hemat di KFC atau di MC Donald’s”, terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan sebaiknya pola ulang tahun atau hultah dirubah dengan cara membelikan paket Alquran yang 30 juz terdiri dari 1 Juz 1 Juz, mengundang teman-teman bersama-sama membaca Alquran, berzikir dan berdoa, “dengan suasana seperti ini akan lebih bermakna, lebih berarti dari pada menghabiskan nafas meniup lilin dan meletuskan balon, tidak patut ditiru itu bukan budaya kita melainkan budaya orang sana”, ucap H. Burhanul Islam.

“Kepada siswa saya berpesan mohon nantinya kemanapun anak-anakku akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi apakah di MAN atau SMA atau di tempat-tempat yang lain mohon kegiatan semacam ini mengkhatamkan alquran terus dilaksanakan dicontohi terutama bagi anak-anakku yang tergabung dalam OSIS”, tambah H. Burhanul Islam.

Pada akhir sambutannya H. Burhanul mengakui MTsN 2 Mataram sudah banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun dari program yang dicanangkan, peningkatan sarana prasarana pembelajaran hingga peningkatan mutu bagi tenaga pendidik dan pendidikan. Melalui milad ke 14 tahun merupakan momentum untuk melakukan perubahan, momentum introspeksi diri kita masing-masing kalau bapak ibu dewan guru otomatis harus mengintrospeksi diri apa yang bisa sudah saya sumbangkan, apa yang sudah bisa saya kerjakan untuk MTsN 2 Mataram, guru yang ditugaskan sebagai tenaga profesi yang tuntutannya memang sesuai dengan profesinya harus melakukan peningkatan kompetensi masing-masing, tandasnya. (lan)