IMTAQ : Siswa MTsN 2 Mataram sedang khusuk melaksanakan Sholat Dhuha dan membaca doa

mtsn2mataram- Dalam cuaca mendung yang tidak begitu bersahabat menyelimuti MTsN 2 Mataram, bukanlah menjadi penghalang untuk berkumpul di lapangan guna melakukan pembiasaan sehari-hari baca Qur’an dan Sholat Dhuha.

Pembacaan Qur’an ayat pendek atau jus ‘amma dan Sholat Dhuha serta baca doa sebelum masuk kelas merupakan kegiatan rutinitas harian di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram dibawah kepemimpinan Drs. H. Marzuki., M.Pd. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya dilakukan pada hari Jum’at saja seperti sekolah-sekolah lainnya.

MTsN 2 Mataram merupakan madrasah satu-satunya di Kota Mataram atau di Nusa Tenggara Barat menerapkan kegiatan Imtaq setiap hari kecuali hari Senin. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa dan guru-guru mulai jam 06.50 pagi hingga 07.20 sebelum masuk kelas mengikuti pembelajaran.

Kegiatan Imtaq diawali dengan pembacaan Surat Pendek atau Juz Amma dipimpin oleh salah satu siswa dilanjutkan melaksanakan Sholat Dhuha empat rakaat dua kali salam. Usai sholat membaca Asma’ul Husna dan diakhiri dengan doa Sholat Dhuha serta doa sebelum belajar.

Sebagaimana dijelaskan Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki bahwa tujuan program shalat dhuha setiap hari adalah untuk membentuk karakter siswa-siswi untuk gemar melakukan sholat sunat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. salah satunya sholat Dhuha. Selain itu bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, jalan dimudahkan menerima ilmu pengetahuan agar kelak mereka (siswa red) menjadi orang-orang sukses.

Ia menambahkan selain membentuk karakter siswa kegiatan salat dhuha juga untuk membangun keimanan yang lebih kuat dan mengajarkan tentang keutamaan salat dhuha. “Dengan membudayakan salat sunat sejak dini, diharapkan para pelajar menanamkan nilai agama dari lahiriah menuju batiniah”, tutur H. Marzuki.

Diantara hikmah dan manfaat shalat Dhuha adalah merupakan wahana pengharapan kita akan rahmat dan nikmat Allah Swt. sepanjang hari yang akan dilalui, entah berupa nikmat fisik maupun materi. Sebagaiman Sabda Rasulullah Saw., “Allah berfirman, ‘Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melakukan shalat empat rakaat pada pagi hari, yaitu shalat Dhuha, niscaya nanti akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore harinya.’” (H.R. Al-Hakim dan At-Tabrani)

Lebih dari itu, momen shalat Dhuha merupakan saat kita mengisi kembali semangat hidup baru. Kita berharap semoga hari yang akan kita lalui menjadi hari yang lebih baik dari hari kemarin. Di sinilah ruang kita menanam optimisme hidup. Kita tidak sendiri menjalani hidup ini. Ada Sang Maharahman yang senantiasa akan menemani kita dalam menjalani hidup sehari-hari. (Ruslan)