Simulasi UNBK :  Siswa MTsN 2 Mataram sedang menjawab soal simulasi UNBK

mtsn2mataram- Berdasarkan jadwal UNBK Tahun 2018 dimana sebelum pelaksanaan UNBK utama ada tahapan simulasi atau gladi bersih yang harus dilakukan oleh masing-masing madrasah. Mulai dari penyiapan server, sinkronisasi hingga simulasi tahap pertama sampai tahap ketiga secara nasional sesuai jadwal yang diterbitkan oleh Kemendikbud Pusat.

Pada pelaksanaan simulasi atau gladi bersih tahap 2 secara serentak tingkat Nasional ini diikuti oleh siswa kelas IX MTsN 2 Mataram sebanyak 230 orang siswa hari ini Rabu (14/2/2018) hingga esok Kamis (15/2/2018). 

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mataram sendiri simulasi ini dilaksanakan dengan 3 sesi sebanyak dua ruangan dengan fasilitas disediakan 80 client dan 2 server. Masing-masing sesi diikuti oleh 40 orang siswa pada tiap-tiap ruangan. Mereka diarahkan oleh dua orang tenaga teknisi dan protoktor serta dua orang pengawas pada masing-masing ruangan. 

Disela-sela pelaksanaan simulasi tahap 1 UNBK 2018, Kepala Madrasah Drs. H. Marzuki M.Pd tidak luput juga ikut memantau dan mengecek kesiapan ruangan, server, client dan peserta ujian. 

Ia menyampaikan kepada peserta agar tidak takut khawatir dengan apa yang sedang dihadapinya, bila ada kesulitan tidak perlu malu-malu untuk bertanya kepada proktor dan teknisi. “Ini adalah pengalaman pertama kalian dalam mengikuti ujian nasional menggukanan sistem berbasis komputer atau UNBK” terangnya.

Pada pelaksanaan simulasi UNBK 2018 tahap dua di MTsN 2 Mataram tidak mengalami kendala apapun. Pelaksanaan simulasi berjalan dengan lancar, baik server dan komputer klien peserta UNBK 2018 tidak mengalami kendala apapun.

“Alhamdulillah, pelaksanaan simulasi UNBK 2018 tahap satu dapat berjalan dengan baik dan lancar, anak-anak juga melaksanakan penuh antusias,” kata Faizin, S.PdI selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum MTsN 2 Mataram.

Pada hari pertama MTsN 2 Mataram melakukan simulasi untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dan Matematika, sedangkan hari kedua diteruskan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan IPA. (lan)