Mataram – MTsN 2 Mataram kembali menorehkan prestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang Madrasah Tsanawiyah Tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan Kementerian Agama Kota Mataram secara online dan dipusatkan di MAN 1 Mataram pada Ahad, 23 Agustus 2021.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi ini berlangsung setiap tahun sebagai proses pemetaan kualitas pendidikan madrasah terutama dalam bidang sains secara nasional khusunya pada mata pelajaran Matematika, IPS dan IPA Terpadu Terintegrasi. Hasil Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diumumkan secara langsung melalui website  resmi KSM Kementerian Agama Republik Indonesia yang diakses melalui madrasah masing-masing.

Sabtu barokah, begitulah ungkapan secara spontan dari kepala Madrasah bapak Sumber Hadi disambut sontak kegembiraan dari pembina, pelatih serta segenap civitas MTs.N 2 Mataram yang menanti pengumuman hasil KSM tahun ini pada hari sabtu 28 Agustus 2021. Ananda Muhammad Helmi Fadhilah keluar sebagai juara I Bidang Studi IPS, Fatih Khairul Umam Juara III Bidang Studi Matematika, Amir Hamzah Bidang Studi IPA Terpadu Terintegrasi.

Torehan prestasi dari 3 siswa MTs.N 2 Mataram pada kompetisi kali ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi segenap civitas Madrasah. Terlebih bagi pembina tim KSM MTs.N 2 Mataram (Haifun Mawani, S.Pd.I selaku pembina bidang studi IPS Terpadu, Siti Aisyah, S.Pd.I selaku pembina bidang studi Matematika, dan Kholisotin, S.Pd. selaku pembina bidang studi IPA). Seakan menjadi jawaban dari komitmen  kepala madrasah Sumber Hadi semenjak kehadirannya di MTs.N 2 Mataram untuk segera melaksanakan program pemetaan potensi siswa/i, mengembangkan, melatih, membimbing secara sungguh-sungguh.

Prestasi adalah keniscayaan bagi sebuah lembaga pendidikan. Prestasi membutuhkan kesadaran dan tanggung jawab kolektif. Ia hadir dengan spirit dan ikhtiar sungguh-sungguh (kerja keras) dengan tips dan trik jitu, ungkap Sumber Hadi dalam sesi wawancaranya dengan tim humas MTsN 2 Mataram.

Ucapan syukur kepada Allah dan terima kasih sebagai bentuk apresiasi yang tinggi kepada para pembina, pelatih tim KSM, segenap komponen madrasah yang telah memberikan support berlebih serta siswa yang telah berjuang, berlatih tanpa lelah dengan semangat pantang meyerah sebagai bentuk ikhtiar sungguh-sungguh menjadikan kualitas pendidikan madrasah menjadi lebih baik.

Selanjutnya pekerjaan besar kita ke depan adalah persiapan secara maksimal menghadapi kompetisi tingkat Provinsi. Persaingan makin ketat karena kompetisi para pemenang pada KSM di tingkat Kabupaten/Kota. Yang terbaik beradu di satu event untuk memperoleh tiket ke ajang kompetisi nasional. Ini tentu tidak mudah, membutuhkan kiat dan cara-cara luar biasa dalam segenap persiapan. Belajar dan berlatih tanpa lelah adalah kata kuncinya. Support segenap komponen madrasah menjadi penting.

Semua kompetitor memiliki kans yang sama untuk terus melaju ke even selanjutnya di tingkat nasional. Juara adalah goal yang harus diperjuangkan dengan segenap kemampuan team yang kita miliki. Tidak boleh setengah-setengah, totalitas itu harus, namun terukur dan terarah. Inilah agenda ke-depan menyambut event KSM tingkat Provinsi ungkap Sumber Hadi menutup wawancaranya.

Harapan dari segenap civitas madrasah  semoga delegasi MTs.N 2 Mataram berhasil meraih predikat terbaik untuk terus melaju mengharumkan nama madrasah pada ajang kompetisi tingkat nasional. Tidak ada yang mustahil, semua berpeluang, tergantung pada tekad, spirit dan kerja-kerja  cerdas kita  dalam mempersiapkan segala sesuatunya, serta kerjasama segenap komponen madrasah harus tetap terjaga sebagai kekuatan untuk menjadikan MTs.N 2 Mataram menjadi lebih baik.

Team Humas MTs. N 2 Mataram