mtsn2mataram_inmas- Kepala Kementerian Agama Kota Mataram H. Burhanul Islam bertindak sebagai pembina upacara rutin mingguan pada Senin (25/2/2019) di MTsN 2 Mataram yang diikuti oleh Kepala Madrasah H. Marzuki, seluruh dewan guru, karyawan, guru PPG UIN Mataram serta seluruh siswa siswi MTsN 2 Mataram.

Dalam amanatnya H. Burhanul Islam menyampaikan rasa bahagianya diberikan kesempatan menjadi pembina pada apel Senin (25/2/2019) ini dihadapan keluarga besar MTsN 2 Mataram. Ini merupakan pertama kali saya dipercaya dan diminta untuk menjadi pembina maka saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar MTsN 2 Mataram yang secara rutin terus menerus melaksanakan apel karna apel bendera adalah salah satu cara yang diamanatkan kepada kita bagaimana pembinaan kedisiplinan yang terus ditingkatkan.

Selanjutnya bagaimana kita terus mendukung madrasah-madrasah di kementerian agama agar menjadi madrasah yang maju, hebat dan bermartabat. Untuk mendukung hal tersebut pesan saya kepada bapak ibu guru untuk melestarikan kedisiplinan harus kita landai dengan 5 (lima) nilai budaya kerja Kementerian Agama.

Nilai budaya kerja yang pertama adalah Integritas artinya nilai ini diucapkan sambil menepuk dada itu menunjukkan bahwa nilai integritas harus kita tanamkan pada diri kita bahwa kita keluarga besar kementerian agama berkomitmen berkeinginan kuat dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya nilai kedua Profesionalitas artinya kita harus profesional dalam mengemban amanah, lalu nilai yang ketiga adalah Inovasi, dalam hal ini kita harus melakukan pembaharuan, pembenahan-pembenahan dan perbaikan untuk menjadikan anak-anak kita hebat, cerdas dan pintar. Kemudian yang keempat Tanggungjawab artinya bapak ibu guru dituntut amanah dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak peserta didik dan nilai yang terakhir kelima adalah keteladanan, nilai inilah yang harus ditunjukkan bagi bapak ibu guru memberikan teladan contoh yang baik dihadapan siswa, teladan dalam lingkungan madrasah maupun di masyarakat.

Maka melalui momentum apel pagi ini yang dirangkaikan dengan kegiatan Milad ulang tahun MTsN 2 Mataram ke 15 tahun saya mengajak seluruh dewan guru untuk terus melakukan pembenahan-pembenahan dan inovasi sehingga MTsN 2 Mataram menjadi madrasah maju, hebat dan tidak lagi menjadi madrasah alternatif namun menjadi madrasah pilihan utama di Kota Mataram.

Selanjutnya untuk mengakhiri amanat ini saya berpesan kepada siswa-siswa agar menjaga nama baik madrasah, bersikap dan berperilaku yang baik dalam masyarakat, ingatlah bahwa saya ini anak MTsN 2 Mataram, sedikit saja tingkah laku kalian yang tidak baik itu akan mencoreng nama baik madrasah, tumbuhkan keteladan pada diri kalian dan kemudian tuntutan berikutnya bagi kalian adalah harus rajin belajar, meningkatkan pengetahuan agar ke depan kalian bisa bersaing untuk masuk di sekolah-sekolah favorit yang ada di Kota Mataram.

“Dirgahayu MTsN 2 Mataram, selamat ulang tahun ke 15 semoga menjadi madrasah yang terus maju, hebat dan bermartabat”. (@ruslanwahid)