mtsn2mataram- Dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional Berstandar Nasional (UNBK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tahun 2019 MTsN 2 Mataram sejak Senin (14/1/2019) memulai melakukan pengayaan bagi siswa kelas IX sebagai pelajaran tambahan mereka selain pelajaran pagi.

Pengayaan diikuti oleh siswa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap materi suatu mata pelajaran. Tujuan ini berkaitan dengan persiapan seorang siswa untuk menghadapi ujian di sekolah, baik ujian tengah semester, ujian akhir semester maupun ujian akhir nasional (UN). Dengan mengikuti pengayaan dan belajar tambahan di sekolah diharapkan siswa akan mengalami ketuntasan belajar pada ujian yang diadakan di sekolah. Selain itu juga berorientasi pada kelulusan  ujian akhir nasional (UN).

Dalam rangka  menargetkan kelulusan 100 persen pada ujian nasional (UN) Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2018 mendatang, MTsN 2 Mataram sudah mulai melakukan pengayaan dan les kepada siswa Kelas IX sejak Tanggal 14 Januari 2019. “Kami persiapkan anak-anak untuk menghadapi ujian lebih awal dengan pemberian tambahan materi pelajaran melalui pengayaaan pada sore hari mulai pukul 13.00 -14.30 WITA”, ungkap Kepala MTsN 2 Mataram Drs. Marzuki, M.Pd.

H. Marzuki menambahkan pengayaan dilaksanakan usai jam belajar formal. Siswa kelas IX yang jumlahnya 240 ini tidak langsung pulang seperti siswa kelas lainnya. Mereka harus melanjutkan belajar khusus bagi mata pelajaran (mapel) yang di UN-kan. Seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Pengayaan dilakukan langsung oleh guru-guru di madrasah sesuai jadwal yang telah disusun. Guru-guru fokus memberikan materi pembelajaran sesuai kisi-kisi UN tahun pelajaran 2018-2019.

H. Marzuki yang juga mantan kepala MTsN 3 Mataram ini berpesan Melalui waka Kurikulum Faizin, S.Pd, kepada guru-guru yang ditunjuk sebagai guru les pengayaan agar betul-betul melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu sesuai jadwal yang dibagikan, jangan ada kesan pengayaan ini hanya sekedar ngeles saja, tapi bagaimana mempersiapkan peserta didik agar lebih memahami dan mendalami materi sesuai kisi-kisi yang telah dibagikan untuk menghantarkan anak-anak sukses dalam menghadapi ujian. (lan)