MTsN 2 Mataram Gelar Try Out Berbasis Komputer

mtsn2mataram- Untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didik pada satuan pendidikan dari tingkat SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik terutama bagi kelas IX MTs melalui Ujian Nasional (UN) ataupun ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

Salah satu untuk mewujudkan hal diatas adalah melalui try out. Try Out adalah suatu uji coba yang biasanya dilaksanakan oleh sekolah sebelum ujian utama, bagi kalangan pelajar biasanya merujuk kepada uji coba sebelum menghadapi Ujian Nasional (UN).

MTsN 2 Mataram selama empat hari mulai Senin (19/2/2018) sampai dengan Kamis (22/2/2018) menggelar kegiatan Try Out Bersama Dikpora Kota Mataram secara serentak diikuti oleh siswa kelas IX sebanyak 230 orang, sistem pelaksanaannya menggunakan berbasis komputer atau lebih dikenal TRY OUT-BK.

Dijelaskan oleh kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd bahwa Try out memberikan peran penting dan manfaat bagi siswa maupun guru. “Dengan try out siswa dapat mengasah keterampilan mengerjakan soal-soal ujian, melatih pola pikir siswa untuk menghadapi segala kemungkinan bentuk soal UN, menguji kemampuan dasar siswa untuk menghadapi UN, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya melaksanakan UN serta meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang akan di-UN-kan”. Terang H. Marzuki.

Sementara bagi guru dengan diadakannya try out hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Bagian mana saja materi pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan yang lebih banyak.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa. Hasil try out menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa. (lan)

Scroll to Top