MTsN 2 Mataram Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 90

mtsn2mataram-Inmas, MTsN 2 Mataram memperingati hari Sumpah Pemuda Ke 90 Tanggal 28 oktober 2018 pada Senin (29/10/2018) kemarin. Dipusatkan di lapangan Madrasah, Civitas MTsN 2 Mataram melaksanakan kegiatan upacara bendera dengan mengenakan pakaian hitam putih untuk dewan guru dan baju seragam biru putih bagi siswa. Seluruh peserta upacara mengikuti dengan penuh Khidmat dengan iringan grup marching band.

Bertindak selaku Pembina upacara Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, Dalam amanatnya, menyampaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 kali ini mengambil tema “BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”, sebagaimana dikutip dari teks pidato Menteri Pemuda dan Olahraga. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing. serta memiliki Jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republlk Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Repubhk lndonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi infomasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan Jaminan kecepatan Informasi sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi Informasi yang bersurat destruktif mulai dari Hoax, Hate speech, pornografi. narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Lanjut H. Marzuki bahwa tahun 2019 mendatang Bangsa lndonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pemimpin Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR Rl, DPD RI, DPRD Tk. l dan DPRD Tk II. Untuk itu diharapkan peran serta dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dan jebakan sikap sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebuh baik. (ruslan)

Scroll to Top